Beranda Bogor Raya Cagar Budaya Terabaikan

Cagar Budaya Terabaikan

PENTAS SENI: Salah satu seniman menampilkan kepiawaiannya bermain musik tradisional di Joglo Keadilan, kemarin. (Arifal Radar Bogor)

KEMANG–Bogor merupakan daerah kaya akan cagar alam dan situs budaya. Hampir setiap tempat memilikinya. Namun, hal ini kurang terpelihara karena banyak yang terabaikan.

Staf Khusus Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan RI, Fajar Riza Ul Haq mengatakan, Bogor sangat kaya dengan pening­galan masa lalu. ”Tapi sayangnya banyak yang dite­mukan dalam kondisi mem­prihatinkan,” ujarnya kepada Radar Bogor ditemui di Joglo Keadilan, kemarin (26/10).

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten dan Kota Bogor perlu membentuk satu wadah bersama. Dengan demikian, cagar alam dan situs budaya bisa terpelihara dengan baik.

universitas nusa bangsa unb

Fajar melanjutkan, Indonesia telah memiliki regulasi melalui Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Namun sayangnya, banyak masalah yang sudah terlihat bakal muncul pada tataran implementasinya.

”Sudah terlihat dari rumusan undang-undang tersebut, bah­wa perhatian yang paling besar diberikan justru kepada apa yang disebut tradisi. Bukan problematika kebudayaan kekinian. Seolah-olah kebuda­yaan daerah dianggap sebagai pemanis untuk kepentingan pariwisata, tidak lebih dari itu,” tukasnya. (all/b)