Beranda Bogor Raya Transyogi Drainase Buruk, Jalan Transyogi Banjir

Drainase Buruk, Jalan Transyogi Banjir

TERGANGGU: Arus lalu lintas terhambat karena genangan air memenuhi ruas Jalan Transyogi Cileungsi-Jonggol, kemarin malam. (Azis/Radar Bogor)

CILEUNGSI–Drainase buruk di wilayah timur, menyebabkan banjir. Seperti tadi malam, (24/10), Jalan Raya Transyogi Cileungsi-Jonggol, tepatnya di depan perumahan Duta Cileu­ngsi tergenang air. Salah seorang warga, Samosir (28) mengatakan, setiap kali hujan jalan yang ada di depan perumahannya ini selalu banjir. Kondisi ini berlang­sung sejak lama.

“Sudah bebe­rapa tahun ini, kalau musim hujan jalan ini selalu banjir. Sejak saya belum menjadi ojek online memang sering banjir,” katanya kepada Radar Bogor.

Ia menjelaskan, sudah lama drainase tersebut tak tersentuh perbaikan. Padahal, efeknya sudah sangat jelas. Banjir sangat mengganggu arus lalu lintas. “Kalau banjir sampai ke betis orang dewasa. Jadi, banyak sepeda motor yang mogok kare­na kemasukan air saat melintasi jalan ini,” jelasnya.

universitas nusa bangsa unb

Banjir ini juga mengganggu aktivitas masyarakat. Meskipun, beberapa warga melakukan langkah dengan bekerja bakti menormalisasi drainase. “Ter­nyata masalahnya bukan hanya sampah, karena sudah diangkut masih saja banjir. Kemungkinan karena pemba­ngunan yang buruk,” tuturnya.

Kondisi itu juga memicu kekecewaan para tokoh muda. Di antaranya tokoh muda Desa Gandoang, Kurniawansyah. Dirinya pun merasa bingung terhadap pemerintah yang tak kunjung memperbaiki drainase tersebut. Padahal, banjir di ruas jalan itu hampir setiap tahun terjadi. “Saya juga bingung, perbaikan drainase itu tidak diajukan oleh pemerintah desa, atau pemerintah kecamatan, atau memang sengaja untuk tidak diperbaiki,” ungkapnya.

Karena itu, dirinya dan bebera­pa tokoh muda lainnya akan men­desak pemerintah segera memperbaiki drainase di Jalan Raya Transyogi Cileungsi-Jonggol. Apalagi, jalan ini merupakan akses vital bagi masyarakat sekitar. “Kami akan surati Bupati Bogor. Bogor Timur jangan hanya dikeruk potensinya saja, tapi infrastrukturnya tidak diperhatikan,” tandasnya.
Pantauan Radar Bogor, tampak anggota Polsek Cileungsi tengah mengatur jalan. Karena banjir, arus lalu lintas pun krodit sepanjang Jalan Raya Transyogi, Cileungsi-Jonggol hingga beberapa jam. “Jam 22.00 WIB sudah mulai normal. Karena kondisi air sudah me­nyu­sut dan lalu lintas mulai lancar,” kata Kanit Lantas Polsek Cileungsi AKP Yayan Suryana.(azi)