Beranda Bogor Raya Cibubur Pramuka Bentangkan Spanduk Sumpah Pemuda

Pramuka Bentangkan Spanduk Sumpah Pemuda

CIBUBUR–Menjelang peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2017, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault dan ratusan Pramuka bersama-sama membentangkan spanduk ukuran 10 m x 0,8 m bertuliskan “2045 Indonesia Juara.”

Spanduk ini dibentangkan usai pembu­kaan Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) 2017 di Lapangan Kempi 2 Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Senin (23/10).

”Usia kami sekarang 11-15 tahun, 2045 Indonesia Juara Dunia. Selamat Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928 – 28 Oktober 2017,” demikian tulisan lengkap dari spanduk tersebut. Selain itu, dibenta­ngkan pula spanduk dengan ukuran sama bertuliskan “Ayo Promosikan dan Bela NKRI di Media Sosial-Pramuka Perekat NKRI.”

“Sekarang tantangannya berat. Pertama, media sosial. Kalau ada di Pramuka, medsos pasti digunakan untuk positif. Kedua, narkoba. Pramuka yang aktif dan ada tanda kecakapan tidak akan seperti itu. Yang paling masif menghadapi tantangan ini adalah Pramuka, karena Pramuka ada sampai di kecamatan dan sekolah,” ungkap Adhiyaksa.

Pria berkumis ini juga berpesan kepada peserta LT-V, agar tetap menjaga persau­daraan meskipun sedang bersaing dalam lomba. Persaudaraan ini, kata dia, sangat bermanfaat baik untuk sekarang maupun di kemudian hari. Apalagi, tema LT-V Tahun 2017 yang diusung adalah Persau­daraan, Mandiri dan Prestasi.

Sementara, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional (Pusdik­latnas), Suyatno menegaskan bahwa LT-V merupakan komitmen Gerakan Pra­muka mengawal generasi muda mulai dari bawah. Ini, katanya, menjadi bukti bahwa Gerakan Pramuka secara istikamah membuat anti-body kepada anak-anak.

“Melawan peredaran narkoba tidak akan berhenti kecuali dengan imun. Kita ingin membuat imun atau anti-body generasi muda terhadap narkoba, dan lain-lain. Nah, LT-V adalah alat bukan tujuan, karena di LT-V menggu­nakan sistem kepramukaan,” terang profesor yang sudah menulis 40-an buku mengenai kepramukaan ini.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka S. Budi Prayitno menandaskan, LT-V merupakan kegiatan yang sangat bergengsi, karena digelar lima tahun sekali dan hanya Pramuka Penggalang yang bisa mengikutinya. Mereka adalah Pramuka terpilih dari daerah setelah mengikuti proses panjang.

“LT-V Kwarnas Gerakan Pramuka 2017 diikuti 33 Kwartir Daerah se-Indonesia, yang masing-masing mengutus satu regu putra dan satu regu putri. Jumlah peserta sebanyak 528 orang,” pungkas ketua panitia LT-V tersebut.(dka/c)