Beranda Bogor Raya Selatan Macet Ciawi, Pak Ogah Panen Rupiah

Macet Ciawi, Pak Ogah Panen Rupiah

JALAN PINTAS: Pak ogah mengarahkan pengendara sepeda motor yang ingin melalui jalur alternatif saat kemacetan di ruas Jalan Bogor-Ciawi, kemarin.

CIAWI–Banyak faktor penyebab kemacetan yang terjadi di bilangan Ciawi. Mulai dari angkutan yang mangkal, sampai volume kendaraan masuk pada akhir pekan yang kian meninggi. Namun, kemacetan justru menjadi keuntungan dadakan bagi ‘pak ogah’ di Desa Ciawi, Kecamantan Ciawi.

Seperti pantauan Radar Bogor, kendaraan roda dua yang terjebak macet lebih memilih melalui jalur alternatif. Di sana, pak ogah dengan sigap mengarahkan satu per satu kendaraan untuk menerobos palang tol. Di sana, ada jembatan kayu yang menjadi media penyeberangan. Ada tiga sukarelawan yang berinisiatif membantu pengendara. “Ayo pak lewat sini, lewat sini, lewat sini!” ajak salah satu pak ogah, Ojim (55).

Ia menambahkan, dirinya dengan sukarela membantu mengurai kemacetan. Hanya saja, pengendara yang lewat bisa memberikan uang seikhlasnya. “Awalnya begitu. Kami tidak tampung (uang) di kardus, langsung dikasih ke tangan. Tapi banyak yang ngasih, akhirnya pakai wadah,” tandasnya.

universitas nusa bangsa unb

Hal ini juga dinilai membantu pengendara. Dengan sukarela merogoh koceknya minimal Rp2.000 sebagai bentuk terima kasih.

“Ya, memang enggak dipinta sih. Tapi kasihan aja karena ngebantu juga,” ujar Rizal (28), salah satu pengendara.(don/b)