25 radar bogor

Ribuan Santri Turun ke Jalan

PAWAI: Ribuan santri dari ponpes se-Kecamatan Caringin mengikuti pawai bersama, a. Doni/Radar Bogor
PAWAI: Ribuan santri dari ponpes se-Kecamatan Caringin mengikuti pawai bersama, a. Doni/Radar Bogor

CARINGIN–Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober, berlangsung semarak di seluruh wilayah se-Indonesia. Berbagai perlombaan pun diadakan untuk memupuk semangat satri dalam memajukan tanah air.

Seperti yang dilakukan ribuan santri di Kecamatan Caringin, yakni merayakan HSN dengan pawai unik. Dimotori Kapolsek Caringin AKP Fitra Zuanda beserta jajarannya, perayaan yang diikuti puluhan pondok pesantren ini sukses menyita perhatian masyarakat.

Selama pawai, para satri lengkap mengenakan atribut busana muslim membawa aneka ragam tulisan di papan. Isinya, ajakan agar masyarakat taat hukum dan mengampanyekan sikap positif.

Adapun tulisan tersebut di antaranya, ’Jangan Mudah Terprovokasi’, ’Santri Cinta Damai’, ’Senyum Sapa Salam’, ’Polsek Caringin Kekeluargaan’, ’No Alkohol’, ’Stop Arogan’, ’Kita Pancasila’, ’Stop Hoax’, ’Jangan Beli Kendaraan Bodong’, ’Pakailah Helm’ dan masih banyak lagi.

Fitra mengatakan, pawai santri bertujuan memupuk semangat kebersamaan dan peran santri dalam mewujudkan lingkungan yang religius. ”Santri menjadi terdepan dan teladan bagi pemuda dan pemudi dalam menjaga agama dan NKRI, juga pribadi yang memiliki nasionalisme yang kuat,” ujarnya ditemui Radar Bogor di Ponpes Riyadul Aliyah, Kampung Sempur RT 02/02, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin.

Acara yang berlangsung sejak pagi hingga sore ini, dimeriahkan perlombaan bertemakan Islami. Seperti sejarah santri dalam kemerdekaan dan pidato peran santri dalam memajukan negara.

”Kami senantiasa berdoa agar para santri bisa menjadi ujung tombak pemimpin negeri yang sidik, amanah, tablik, fatonah,” pungkasnya.(don/c)