Beranda Bogor Raya Galian Tanah Rusak Jalan

Galian Tanah Rusak Jalan

DIKELUHKAN: Salah satu galian tanah di Kampung Gobang, Desa Buanajaya, dikeluhkan warga. (Azis/ Radar Bogor)

TANJUNGSARI–Aktivitas galian di Kecamatan Tanjungsari dikeluh­kan masyarakat. Ekspolitasi bahan dasar keramik tersebut, membuat jalur utama Jalan Raya Tanjungsari kotor dan rusak.

Pantauan Radar Bogor, di lokasi galian yang ada di Kampung Gobang, Desa Buanajaya, tersebut terdapat dua unit truk bertonase besar hilir-mudik. Umumnya, tanah yang dikeruk akan dikirim ke beberapa perusahaan.

Salah satu sopir truk, Salimin meng­u­ngkapkan, tanah itu dikirim sedikit­nya dua hingga tiga rit tiap harinya. “Kecu­ali Minggu, libur,” ucapnya.

wisuda unpak bogor

Menurutnya, pemilik galian nyaris tiap harinya tak di lokasi, hanya sesekali dalam sebulan. “Jarang di sini,” singkatnya. Meskipun penga­ngkutan tanah menyisakan gumpalan tanah merah, kata Salim, tiap harinya beberapa pegawai tam­bang rutin melakukan pembersihan.

“Kalau sudah selesai pengangkutan pasti selalu dibersihkan. Tapi memang masih menyisakan bekas tanah,” ungkapnya. Akibatnya, kondisi jalan yang kotor kerap kali dikeluh­kan pengendara jalan dan warga sekitar.

Sadhili (33) warga Kampung Gobang, mengaku kesal dengan koto­ran di jalan karena dapat memba­hayakan pengendara dan warga. “Kalau lagi naik motor, sering menginjak bongkahan tanah sampai nyaris jatuh,” tuturnya.

Ia berharap, pemilik tambang memikirkan kondisi pengendara dan warga. “Kalau mau usaha harus perhatikan dampaknya. Jangan sampai dia untung tapi warga merugi,” ujarnya.(azi/c)