Beranda Bogor Raya Cibubur Bekasi Beatbox Pertahankan Eksistensi Dunia Beatbox

Bekasi Beatbox Pertahankan Eksistensi Dunia Beatbox

MASIH EKSIS: Para pengurus dan anggota Komunitas Bekasi Beatbox foto bersama dalam salah satu kesempatan pertemuan komunitasnnya.

CIBUBUR–Sejak dibentuk 2010, Bekasi Beatbox berniat untuk tetap eksis dalam dunia seni suara. Melihat tren beatbox yang kembali muncul, komunitas ini semakin berkembang dengan ratusan anggotanya.

Koordinator sekaligus pendiri Bekasi Beatbox, Iwan Javas bercerita, komunitasnya berdiri saat dirinya duduk di bangku SMA. Kala itu, menurutnya, beatbox sedang happening sehingga muncul ide untuk mendirikan komunitas di wilayah Bekasi.

“Akhirnya coba saya cari-cari di Youtube dan belajar. Saya juga coba cari komunitas di wilayah Bekasi, ternyata memang belum ada. Beda dengan Jakarta yang dulu sudah ada Indobeatbox yang dibentuk Billy Bdbx,” cerita Iwan pada Radar Cibubur, kemarin (19/10).

universitas nusa bangsa unb

Sejak tahun itu pula, dirinya sering mengikuti latihan di wilayah Jakarta. Walaupun jaraknya cukup jauh, dirinya bersama seorang teman mencoba membesarkan dan melebarkan sayap dengan promosi ke sekolah – sekolah serta ke beberapa event yang ada di Bekasi.

“Ya walaupun dulu dibayar dengan makan dan minum saja kami sudah bersyukur,” ungkapnya sambil tertawa.

Kegiatan komunitas sendiri berlangsung setiap Jumat malam Sabtu di Alun-alun Bekasi. ”Dulu sempat sepi, pertama kami menempati dan mengundang banyak komunitas untuk kopdar besama,” urainya.

Namun sejak awal 2016 hingga saat ini, Bekasi Beatbox selalu menempati Taman Gigi Galaxy untuk berkumpul. Melihat perkembangan beatbox di Bekasi yang semakin meluas, akhirnya sesama penggiat hobi beatbox di Bekasi membuka lima cabang setiap wilayah. Ada Bekasi Beatbox sebagai pusat, Harapan Indah Beatbox, Tambun Beatbox, Cikarang Beatbox dan sekarang membuka cabang lagi bernama Kodau Beatbox.

Dibukanya cabang tersebut agar mempermudah menyosialisasikan beatbox itu sendiri dan menjadi wadah anak-anak muda yang memiliki hobi sehat. Total keseluruhan anggota mencapai 300 orang lebih, baik yang aktif maupun tidak.

Selain itu, di 2016 Bekasi beatbox sendiri memiliki tim yang bernama Chickenduck yang terpilih di ajang kompetisi besar di salah satu stasiun TV. “Kami akan anniversary ke-7 pada 6 Desember dan akan dirayakan pada 23 Desember di Mal Ciputra Cibubur,” tukasnya.(dka/c)