Beranda Bogor Raya TSI Punya Bayi Tapir

TSI Punya Bayi Tapir

SELAMAT YA: Bayi tapir yang dilahirkan Tari di Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua

CISARUA–Kabar bahagia datang dari Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua. Seekor tapir (tapirus indicus) Sumatera bernama Tari, melahirkan anak berkelamin betina pada 4 Oktober lalu.

Sekadar diketahui, Tari sempat mengalami nasib kurang menguntungkan. Salah satu kakinya terjerat tali seling yang diduga untuk menjerat babi saat terjadi kebakaran hutan di Riau, beberapa tahun lalu.

Tari yang saat itu masih tergolong muda, berusia enam bulan, akhirnya diselamatkan tim penyelamat yang didatangkan dari TSI. Tari pun tiba di Cisarua pada 22 Maret 2013 lalu. Akibat luka pada kakinya yang semakin serius, Rescue Team TSI di bawah pengawasan drh. Yohana Tri Hastuti, memutuskan untuk mengambil tindakan kesehatan. Yakni mengamputasi kaki kiri bagian depan Tari.

universitas nusa bangsa unb

”Setelah tim TSI melakukan tindakan handrear terhadap Tari di Rumah Sakit Satwa, pihak medis terus melakukan perawatan secara rutin. Sekaligus me­mantau per­kem­bangan kese­hatan satwa ende­mik Indonesia berwarna hitam putih tersebut,” bebernya.

Walau dengan kondisi berjalan dengan ketiga kakinya, Tari tetap dalam keadaan sehat dan hidup normal. Yohana menam­bahkan, untuk menjaga kelang­sungan tapir, Tari digabungkan dalam satu kandang dengan pejantan bernama Nova.

Lambat laun keduanya mulai melakukan perkawinan hingga akhirnya hamil. “Berselang 210 hari masa kebuntingannya, Tari melahirkan bayi berwarna hitam dengan garis-garis putus berwarna putih,” tukasnya.(*/rur)