Beranda Bogor Raya Cegah Banjir, Keruk Enam Sungai

Cegah Banjir, Keruk Enam Sungai

CIBUBUR–Memasuki musim penghujan jelang akhir tahun, Bappeda Kota Bekasi mereko­mendasikan normalisasi enam daerah aliran sungai (DAS) di Kota Bekasi. Pasalnya, beberapa aliran kali di Kota Bekasi masih berpotensi menimbulkan luapan banjir.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengem­bangan Wilayah Bappeda Kota Bekasi, Yudi Sap­tono mengatakan, normalisasi ini men­desak dilakukan, lantaran kali-kali tersebut bukan kali buatan dan tidak pernah dinor­malisasi sejak tiga tahun terakhir ini.

“Seluruhnya kali alam dan belum pernah dinormalisasi tiga tahun terakhir. Kondisinya terjadi pendangkalan dan penyempitan akibat sedimentasi dan berpotensi menim­bulkan banjir akibat luapan sungai,” terangnya, Rabu (18/10).

universitas nusa bangsa unb

Adapun keenam daerah aliran sungai tersebut adalah Kali Cakung, Kali Bekasi, Kali Sunter, Kali Blencong, Kali Kapuk, dan Kali Sasak Jarang. Yudi mengatakan, penyum­batan di daerah aliran sungai saat musim hujan, menyebabkan rawan banjir.

Ia menambahkan, selama ini pihaknya fokus menanggulangi banjir yang dilakukan pemerintah bersama Bappeda Kota Bekasi dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane (BBWSCC) yang masih berkutat pada infrastuktur bantaran. “Bukan daerah aliran sungai yang menjadi penyebab banjir,” sambungnya.(dka/c)]