Beranda Bogor Raya Rem Blong, Nyungsep di Selokan

Rem Blong, Nyungsep di Selokan

BIKIN MACET: Kecelakaan yang menyebabkan truk bermuatan baja batangan terjerembap di tanjakan Ranji, kemarin.

CIAWI–Jalan Raya Ciawi-Sukabumi macet total hingga pintu tol Ciawi. Musababnya, truk bermuatan baja batangan untuk proyek pengerjaan jalan mengalami kecelakaan, kemarin (17/10).

Rem truk Fuso B 9897 GR itu, diduga mengalami blong saat menuju Sukabumi dan hilang kendali di tanjakan Ranji. Sang sopir, Dede (24) membanting setir ke kiri jalan hingga akhirnya badan truk menimpa pagar dan nyaris memasuki pekarangan rumah warga. Beruntung, laju kendaraan terhenti lantaran delapan ban sebelah kiri masuk ke dalam irigasi air.

Menurut keterangan pemilik rumah, Memed (76), kejadiannya sekitar pukul 05.30 WIB. Pagi itu dirinya baru saja keluar rumah sambil menikmati segelas kopi. Namun, tiba-tiba terdengar pekikan rem dan disusul suara tabrakan.

universitas nusa bangsa unb

”Truk tiba-tiba masuk. Untung banting setirnya ke sini (kiri jalan), kalau ke kanan banyak kendaraan pasti habis,” ujarnya kepada Radar Bogor kemarin.

Sementara kernet truk, Adam (26) mengaku tidak mengetahui penyebab kendaraan yang ditumpanginya hilang kendali. Sebab, usai kecelakaan itu sopir truk melarikan diri. ”Enggak tahu ke mana. Saya juga lagi nyariin,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Ciawi Kompol Muhtarom mengatakan, petugas tengah mencari penyebab kecelakaan. Untuk memastikannya, pihaknya masih memeriksa saksi. ”Kami masih cari informasi. Petugas laka sedang mendata,” ujarnya.

Kejadian ini menimbulkan kemacetan dari arah Bogor sepanjang lima kilometer hingga pintu tol Ciawi. Dan mengular hingga 10 kilometer dari arah Caringin menuju Sukabumi.

Truk baru bisa dievakuasi selama dua jam. Untuk mengangkut batangan baja itu, didatangkan alat berat (crane) Tadano, kemudian dipindahkan dengan menye­wa truk yang melintas.(don/c)