Beranda Bogor Raya Penggunaan Medsos Poin Penilaian Gerakan Pramuka

Penggunaan Medsos Poin Penilaian Gerakan Pramuka

SIAP DIUJI: Para anggota Pramuka Penggalang siap diuji dalam Lomba Tingkat Lima (LT-V) yang akan diadakan Kwarnas Gerakan Pramuka selama 22-28 Oktober mendatang. Andika/Dok Radar Cibubur

CIBUBUR–Pengelolaan media sosial (medsos) akan menjadi penilaian dalam Lomba Tingkat Lima (LT-V) Gerakan Pramuka yang akan digelar pada 22-28 Oktober 2017 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta.

Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Binawasa Mohammad Laiyin mengungkapkan, lomba ini khas Generasi Z. Tujuannya, agar peserta mampu menggunakan medsos dengan bijak, tidak menyebar hoax dan ujaran kebencian.

Sementara itu, Andalan Nasional Gerakan Pramuka Urusan Kominfo Hariqo Wibawa Satria menambahkan, dalam lomba pemanfaatan medsos ini, yang dinilai adalah strategi komunikasi, konten yang diproduksi, dan distribusi.

universitas nusa bangsa unb

Hal itu sesuai dengan tagline Gerakan Pramuka ‘Setiap Pramuka adalah Kantor Berita’. “Lomba ini melatih setiap pramuka untuk mampu memublikasikan kegiatan dengan baik. Banyak kegiatan pramuka di daerah yang keren, namun luput dari pemberitaan. Karenanya, kemampuan pramuka memberitakan kegiatannya sendiri menjadi sangat penting,” jelas Hariqo.

Sebagai informasi, LT-V Gerakan Pramuka akan dibuka secara resmi oleh Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault pada Senin (23/10) mendatang pukul 08.30 WIB, di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta.

Lomba tingkat nasional lima tahunan ini sangat dinantikan, karena berjenjang dan sangat ketat seleksi regu yang menjadi peserta. Peserta kegiatan ini adalah Pramuka Penggalang yang tergabung dalam satu regu, baik putra maupun putri dengan usia 11–15 tahun.

Regu yang bisa mengikuti LT-V adalah regu berprestasi tinggi atau yang menjuarai empat Lomba Tingkat (LT) sebelumnya, yaitu LT-I (tingkat Gugus Depan), LT-II (tingkat Kwartir Ranting/Kecamatan), LT-III (tingkat Kwartir Cabang/Kota atau Kabupaten), dan LT-IV (tingkat Kwartir Daerah/Provinsi). Jadi, LT-V adalah perlombaan antar-regu penggalang terbaik dari setiap provinsi atau kwartir daerah di Indonesia.

Masing-masing Kwarda mengutus regu putra dan regu putri dengan jumlah anggota regu sebanyak delapan orang. Ibarat pertandingan sepak bola, LT-V adalah ‘Piala Dunianya’ Pramuka. (dka/c)