Beranda Bogor Raya Said Aqil Resmikan Bait Nusantara

Said Aqil Resmikan Bait Nusantara

SEREMONI: Said Aqil Siradj ketika meresmikan Masjid Bait Nusantara di Kompleks Tiara School, Desa Bojong, kemarin.

KLAPANUNGGAL–Ketua Umum Pengurus Besar ­Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyampaikan sambutan jelang peresmian Masjid Bait Nusantara, ­Kompleks Tiara School, ­Graha Prima, Desa Bojong, ­kemarin (13/10). Acara juga dihadiri Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.

Said Aqil menyinggung ­persoalan amanah diniyah (agama) dan amanah wathoniyah (kebangsaan), sebagaimana yang diatur dalam agama Islam. Menurutnya, budaya patut dijaga bersama agar tetap­ ­lestari dari generasi ke generasi. ­Lantaran budaya adalah ­struktur agama. Ia mencontohkan, sarung atau baju batik sebagai bentuk budaya. “Agama untuk budaya,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menerangkan, keharusan menjadi budaya terpaut erat dengan ajaran agama Islam. Karena, nasionalisme merupakan bagian dari agama. Bahkan, bagian dari bentuk keimanan. “Semakin besar iman seseorang, maka semakin cinta dengan budayanya,” ucapnya.

universitas nusa bangsa unb

Alumni Ponpes Langitan ini juga membagi amanat pada dua kategori. Dua amanat tersebut, yakni amanah diniyah dan wathoniyah yang me­nurutnya harus di­pertahankan. “Ruhnya itu ada dalam Pancasila. Amanah diniyah dan wathoniyah, dua duanya amanah dari Allah SWT di atas pundak kita semua,” tuturnya.

Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang menerangkan, pembahasan Said sangat penting ditanamkan oleh masyarakat.(azi/c)