Beranda Bogor Raya Surganya Pencinta Alam

Surganya Pencinta Alam


SWAFOTO: Salah satu pengunjung Suaka Elang Loji bergaya di jembatan gantung yang jadi spot favorit untuk berswafoto.

CIGOMBONG–Berada di kaki Gunung Salak, Suaka Elang Loji adalah salah destinasi yang menjadi surga para penikmat wisata outdoor. Selain alam yang masih asri, di sini juga terdapat penangkaran burung elang.

Berlokasi di Kampung Loji, Desa Cibaruyut, Kecamatan Cigombong, akses menuju lokasi ini cukup mudah. Dari jalan besar, pelancong akan disambut papan petunjuk. Setelah melalui jalan menanjak, pengunjung akan memasuki kawasan Perhutani. Jika akhir pekan, lokasi ini nyaris dibanjiri wisatawan. Bila membawa kendaraan pribadi, dikenakan tarif Rp10 ribu. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin mendirikan tenda, cukup membayar Rp25 ribu per malam. Dari sebuah lapangan datar, pengunjung harus menempuh perjalanan 1,5 kilometer.

Selama rute terjal nan sempit itu, mata dimanjakan suasana alam nan hijau. ”Kami penasaran karena memang lokasi ini belum banyak diketahui orang,” ujar salah satu pengunjung, Bustomi (20) kepada Radar Bogor.

universitas pakuan unpak

Sementara itu, Kepala Desa Cibaruyut Gina Garmina menuturkan, Suaka Elang Loji tak hanya favorit bagi pencinta alam. Ada juga keluarga yang datang untuk berkemah. ”Banyak karena di sini mulai ramai,” ucapnya.

Hanya saja, keindahan alam Suaka Elang Loji belum mendapat perhatian Pemkab Bogor. Menurut tokoh masyarakat Cibaruyut, Uut (62), pengelolaan parkir dan akses jalan dibuat warga sejak 2016 lalu. Entah mengapa pemerintah tak melirik lokasi ini menjadi objek wisata.

”Selama ini kami berharap ekonomi warga berkembang,” ungkapnya. Di lokasi ini juga ada 13 rumah yang berjualan. Kata dia, warga melayani semua pengunjung 24 jam. Meskipun tengah malam, pemilik warung dengan senang hati membukakan pintu. (don/c)