25 radar bogor

Dinas PUPR Normalisasi Drainase

normalisasi: Petugas Dinas PUPR menguras drainase di sepanjang Jalan Mayor Oking, Kecamatan Citeureup, kemarin.
normalisasi: Petugas Dinas PUPR menguras drainase di sepanjang Jalan Mayor Oking, Kecamatan Citeureup, kemarin.

CITEUREUP–Setelah menda­pat keluhan masyarakat, akhir­nya Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor membe­nahi drainase di sepanjang Jalan Raya Mayor Oking, Kecamatan Citeureup, kemarin.

Umumnya, kondisi drainase tak berfungsi akibat pendang­kalan lumpur dan tumpukam sampah.

“Sebelumnya kami sudah koordinasi dengan dinas. Alhamdulillah saat ini realisa­sinya,” ujar Camat Citeureup, Asep Mulyana kepada Radar Bogor, kemarin.

Menurutnya, normalisasi drainase perlu dilakukan meski kondisi hujan tak menentu. Sebab, tersumbatnya drainase menyebabkan genangan air yang mengganggu warga dan memper­pendek umur aspal jalan.

“Makin lama jalan sema­kin rusak karena genangan air. Karena itu, sumbatan saluran air harus dinormalkan,” terangnya.

Sebelumnya, genangan air kerap terjadi di Jalan Mayor Oking, tepatnya di Kelurahan Karangasem Barat. Akibatnya, para pengendara harus menu­runkan kecepatan laju kendara-annya hingga kemacetan tak terelakkan.

Salah seorang pengendara, Sabar (33) mengatakan, titik genangan air masih banyak di Citeureup. Salah satunya, lokasi yang kini telah dinormalisasi Dinas PUPR. “Setiap hujan pasti becek. Air menggenang di jalan bukan cuma di sini, tapi juga di daerah Tajur (Desa Tajur, red), Hambalang, Tarikolot, dekat pasar, dan Sentul,” keluhnya.

Warga Desa Citeureup itu berharap normalisasi drainase dilakukan secara merata supaya persoalan genangan air tidak lagi terjadi. “Kalau drainase bagus, pasti jalan awet,” kata dia.(azi/c)