Beranda Bogor Raya Linmas Harus Jaga Ketertiban

Linmas Harus Jaga Ketertiban

PEMBINAAN: Lurah Jatikarya, Sulatifah memberikan pembinaan pada anggota linmas di aula kantor
Kelurahan Jatikarya, Senin (9/10).

CIBUBUR–Linmas mempunyai tugas melaksanakan kegiatan perlindungan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan penanganan pengungsi. Selain itu, mereka juga bertugas membantu aparat pemerintah dalam memelihara keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat, serta membantu kegiatan sosial kema­syarakatan di desa atau kelurahan.

Ini pula mendasari pembinaan yang dilakukan pada belasan anggota Linmas Kelurahan Jatikarya, Kota Bekasi, Senin (9/10). Para linmas diharapkan mampu mengemban tugas dan fungsinya sebagai mitra masyarakat.

“Yang pasti dan paling utama membantu memelihara serta meningkatkan kondisi dan tata tertib masyarakat. Linmas mem­bantu masyarakat menanggulangi gang­guan keamanan dan bencana alam yang dapat mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda,” urai Lurah Jatikarya, Sulatifah usai pembinaan linmas di aula kantor Kelurahan Jatikarya, Senin (9/10).

universitas pakuan unpak

Lanjut dia, para linmas juga harus membantu membina masyarakat untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan, serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan. “Linmas juga membantu pemerintah daerah dan polisi dalam memelihara ketenteraman dan ketertiban umum,” terang­nya.

Kata Sulatifah, linmas meru­pakan wujud tanggung jawab dan peran serta segenap warga negara terhadap keselamatan umum. Linmas merupakan kekuatan utama dalam perlindungan masyarakat saat terjadi bencana, pengungsian, kamtibmas dan sosial kemasyarakatan. “Pengelolaan linmas adalah tanggung jawab negara. Makanya, kita wajib berikan pembinaan,” tukasnya.(dka/c)