Beranda Bogor Raya 641 Senjata Anggota Diperiksa

641 Senjata Anggota Diperiksa

DIPERIKSA: Setiap senjata api (senpi) yang dipegang anggota Polres Bogor, diperiksa petugas di Mapolres Bogor, kemarin.

CIBINONG-Ratusan anggota Polres Bogor antre untuk me­meriksakan senjata api (senpi) di Mapolres Bogor, kemarin (6/10). Pengecekan fisik senpi dilakukan mulai dari nomor register, kondisi kelayakan, dan peluru yang diberikan.

Kabag Sumda Polres Bogor, Kompol Agus Suhendar me­ngatakan, sesuai data, anggota Polres Bogor yang memegang senpi ada 202 orang dan anggota polsek sebanyak 439 orang. Selain cek fisik, dilakukan pula pengecekan kartu pemegang senjata.

Apakah masih berlaku atau tidak serta enam butir amunisi yang diberikan kepada peme­gangnya. “Total keselu­ruhan ada 641 senjata, baik polres maupun polsek. Alhamdulillah sampai saat ini belum ada temuan berarti, semua masih lengkap,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Meski begitu, sambungnya, ada pula beberapa kartu pemegang senjata yang telah habis masa berlakunya. Tapi, pemegang segera melakukan administrasi kembali. Mulai tes fisik hingga proses admi­nistrasi lainnya.

“Ada beberapa yang kami amankan (senpinya, red) karena kartu pas sudah habis, tapi sudah ikut tes fisik lagi. Hanya sedang proses saat ini,” tuturnya.

Lanjut Agus, pemeriksaan dilakukan sebagai tindakan pencegahan anggota yang menguasai senpi agar tidak melakukan tindakan melanggar ketentuan dan aturan. “Ini kami menghindari agar anggota tidak melakukan mela­nggar aturan, baik itu secara ad­ministrasi maupun secara pero­rangan,” imbuhnya.

Ia m­e­ngimbau anggota tak meng­gunakan senpi di luar aturan.

“Pergunakan sesuai ukuran­nya, siapkan semua sarana dan pendu­kung­nya baik senpi, kebersihan, maupun amunisi­nya,” pung­kasnya.(rp2/c)