Beranda Bogor Raya Tuding Pengemis Didominasi Warga Kota Bogor

Tuding Pengemis Didominasi Warga Kota Bogor

CIBINONG–Dinas Sosial (Din­sos) Kabupaten Bogor terus melakukan berbagai upaya untuk menekan angka penyan­dang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Bahkan, saat ini telah meminta bantuan Dinsos Kota Bogor.

“Kami sudah berulang kali menangkap para pengemis dan pengamen yang biasa beroperasi, seperti di Cibinong, Ciawi, dan Leuwiliang. Setelah didata ternyata mereka warga Kota Bogor,” ujar Kepala Dinsos Kabu­paten Bogor, Roy E Khaeru­din kepada Radar Bogor.

Lebih lanjut ia mengatakan, setelah melakukan pendataan para PMKS tersebut diserahkan ke Dinsos Kota Bogor untuk diberikan pelatihan keteram­pilan. Sebab, mayoritas merupa­kan anak-anak dan remaja yang telah berulang kali ditangkap.

universitas nusa bangsa unb

“Saya pun meminta pihak kepo­lisian, dalam hal ini Polres Bogor, untuk menang­kap koordi­natornya, karena ini bagian dari kejahatan trafficking,” tuturnya.

Menanggapi perihal tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Ruhandi, meminta Dinsos tidak lepas tangan setelah mela­kukan penindakan. Menurutnya, upaya yang dilaku­kan tidak hanya pembinaan, melainkan juga melihat potensinya.

Sehingga, ada tindak lanjut dan kepedu­lian dari pemerintah daerah. Selain itu, harus ada kajian sosial untuk mengetahui kenapa mereka melakukan hal tersebut.(rp2/c)