Beranda Bogor Raya Lebih Dekat dengan Granat Kabupaten Bogor

Lebih Dekat dengan Granat Kabupaten Bogor

SIMBOLIS: Ketua DPC Granat Kabu­pa­ten Bogor, Ivan Fadilla bersama pengurus lainnya dilantik, kemarin.(Sofyan/ Radar Bogor)

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Nasional Anti Narkotika (Granat) Kabupaten Bogor resmi dilantik di Lorin Hotel Sentul, kemarin (5/10). Kehadirannya diharapkan dapat membantu kinerja Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor dan kepolisian dalam memerangi peredaran narkoba.

Ketua DPC Granat Kabu­pa­ten Bogor, Ivan Fadilla menga­takan, Kabupaten Bogor memi­liki wilayah yang cukup luas. Bahkan, secepatnya ia segera merealisasikan saran dari DPP dan DPD Granat untuk mem­buat pimpinan anak cabang (PAC) dan ranting di 430 desa dan 40 kecamatan.

“Itu (pengu­rus) berbagai elemen dan kami tidak mengikat, karena organi­sasi ini kerelaan,” ujarnya kepada Radar Bogor.Menurutnya, faktor utama yang mengakibatkan seseorang menggunakan narkoba akibat dari disharmonisasi keluarga atau keuangan.

universitas nusa bangsa unb

“Sifatnya Granat lebih kepada preventif. Mungkin mengalihkan disharmonisasi seseorang ke hal lain, apakah ke kesenian atau olahraga,” tuturnya.
Selain preventif, sambung dia, saat ini organisasi yang dipim­pinnya tersebut pun sedang mencoba bekerja sama dengan dinas-dinas terkait.

Bahkan, telah mengusulkan dan mengimbau kepada peme­rin­tah daerah apabila ada proses rekrutmen baik sebagai pegawai negeri sipil (PNS), siswa baru SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi atau apa pun untuk harus disertakan dengan kartu bebas narkoba.Kepala BNNK Bogor, Nugraha Setya Budhi menuturkan, apa­bila ada temuan penyalah­guna­an segera laporkan.

“Lebih kepa­da edukasi. Kalaupun mem­berantas, mereka tidak boleh menangkap, itu hanya BNN dan polres. Kalau mendam­p­ingi dan menginfor­masikan peredaran dan penya­lah­gunaan itu boleh. Mari sama-sama bersinergi,” pungkasnya.(rp2)