25 radar bogor

Bangun Kampung Niaga di Sempur

BOGOR–Jumalah kampung tematik di Kota Bogor bakal bertambah. Itu seiring dengan akan dibangunnya Kampung Niaga yang dipusatkan di Kampung Rambutan, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah. Pembangunan tersebut merupakan bagian dari corporate social responsibility (CSR) PT Pertamina melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Area Manager CSR & SMEPP PT Pertamina regional Jawa Barat Khazali Nasution menuturkan, untuk memba­ngun Kampung Niaga, pihaknya akan menggandeng pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Sempur.

“Kami memiliki program Kampung Niaga Sempur atau program pemberdayaan ekonomi masyarakat yang akan melibatkan masyarakat di Kelurahan Sempur,” kata Khazali saat audiensi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di ruang Paseban Punta, Balaikota, kemarin (5/10).

Selain itu, kata Khazali, PKBL PT Pertamina juga ingin membantu Kota Bogor untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan potensi yang ada, bahkan menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisata.

Ia berharap ke depan Kampung Niaga ini dapat menghasilkan produk UMKM unggulan yang dapat dipamerkan. “Nantinya akan ada rumah produksi yang dibangun, seperti pengembangan produksi wayang golek yang ada di Kelurahan Sempur,” sebutnya.

Sementara itu, Lurah Sempur Rena Da Frina menyebutkan, ada sebanyak 25 pelaku UMKM yang akan dilibatkan dalam pembangunan Kampung Niaga ini. Tahap awal, PKBL PT Pertamina akan membantu penyediaan alat dalam membantu proses produksi. “Ada UMKM produksi rumahan yang akan dibantu, seperti es krim, dodongkal, wayang golek, bandrek,” tuturnya.

Menanggapi rencana tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya meminta konsep Kampung Niaga ini harus jelas dan dapat terintegrasi dengan rencana Pemkot Bogor dalam menata kawasan Sempur.

“Pastikan konsepnya seperti apa, apakah terintegasi dengan penataan Sempur. Kampung Niaga ini harus unik dan produknya juga harus unik. Bagaimana caranya warga bisa datang dan kembali datang,” kata Bima.(wil/*)