25 radar bogor

Pipa Bocor Ganggu Pengaliran ke Cimanggu

BOGOR–Indikasi kebocoran pipa AC 8 inci di sekitar Pasar Anyar, Jalan MA Salmun, ternyata berdampak pada sistem pengaliran ke wilayah Cimanggu dan sekitarnya. Direktur Teknik PDAM Kota Bogor, Syaban Maulana menuturkan, setelah ditelusuri, ternyata ada titik bocor di sekitar Pasar Anyar. Bocornya cukup besar, terlihat dari air yang keluar dari gorong-gorong dekat jembatan Jalan MA Salmun yang masuk ke Sungai Cipakancilan.

“Kebocoran ini membuat level Reservoir Merdeka kurang optimal dan berdampak pada pelayanan di wilayah Cimanggu,” kata Syaban, kemarin (1/10).

Syaban menambahkan, kebocoran pada pipa distribusi utama itu, telah memengaruhi level Reservoir Pajajaran sehingga berdampak pada gangguan di sebagian wilayah zona VI. Dia telah mengerahkan tim gabungan dari Bagian Transmisi dan Distribusi (Transdis) untuk segera menemukan titik bocor dan memperbaikinya.

Namun, petugas mengalami kesulitan mencari titik bocor karena air tidak muncul ke permukaan, justru keluar melalui gorong-gorong. Opsi pencarian dengan memasuki saluran air itu tengah dipersiapkan, tetapi terkendala beberapa faktor. “Indikasi titik bocor ada di jaringan perpipaan di Jalan MA Salmun, yang sangat padat oleh pedagang kaki lima (PKL) dan aktivitas sekitar Pasar Anyar. Jalanannya pun sudah dicor tebal,” paparnya.

Selain itu, hujan yang turun beberapa hari terakhir cukup menyulitkan petugas Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran menelusuri titik bocor. “Sangat bahaya kalau kita masuk ke gorong-gorong saat hujan turun. Sebab, aliran airnya sangat deras. Tapi, apa pun kondisinya, titik bocor itu harus segera ditemukan,” ucap dia.

Syaban meyakini jika titik bocor tersebut ditemukan dan diperbaiki, level Reservoir Merdeka akan meningkat sehingga pasokan air bersih ke pelanggan di wilayah Cimanggu kembali normal. “Kami mohon doanya agar pekerjaan kami di lapangan berjalan lancar. Bagi kami, pelayanan kepada pelanggan tetap menjadi prioritas,” tutup Syaban.(wil/*)