Beranda Bogor Raya Jalur LRT Cibubur Terus Dikebut

Jalur LRT Cibubur Terus Dikebut

PEMBANGUNAN: Pengerjaan proyek kereta ringan light rail transit (LRT) rute Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek), yang melintasi kawasan Cibubur, terus dikebut.

CIBUBUR–Dari data PT Adhi Karya (Persero), proyek kereta ringan light rail transit (LRT) rute Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) yang telah dibangun sejak September 2015 lalu, telah mencapai progres fisik 18,61 persen secara keseluruhan.

Progres ini terus bergerak naik jika dibandingkan capaian setahun sebelumnya. Pada September 2016, progres LRT Jabodebek baru mencapai 7 persen. Di mana, rute Cawang-Dukuh Atas belum dilakukan pembangunan, sedangkan rute Cawang-Cibubur 15 persen dan Cawang-Bekasi Timur baru 6 persen.

Hingga akhir Agustus 2017, tercatat progres konstruksi Cawang-Cibubur telah mencapai 36,25 persen, Cawang-Bekasi Timur 19,74 persen, dan Cawang-Dukuh Atas 4,17 persen.

universitas nusa bangsa unb

Adapun pekerjaan pembangunan LRT Jabodebek saat ini seluruhnya telah masuk pengerjaan struktur. Sementara lintasan Cawang-Dukuh Atas yang baru dimulai tahun ini masih pada pengerjaan fondasi dan investigasi tanah.

Tahun depan ditargetkan pemba­ngunan LRT akan merampungkan sisa struktur yang masih ada, termasuk jalur dan pendukung sistem keretanya seperti sistem komunikasinya, pasokan listrik dan signaling.

Pembangunan LRT tahap I ditarget rampung pada 2019, dan bisa beroperasi pada Mei 2019. Ini sesuai dengan isi kontrak, di mana lama pembangunan konstruksi dalam kontrak adalah selama 43 bulan terhitung dari 9 September 2015 sampai 31 Mei 2019.

Seperti diketahui, pembangunan LRT Jabodebek dengan total panjang jalur 81,6 km dilaksanakan pada dua tahap. Tahap I, panjang jalur mencapai 43,3 km yang akan dibangun serta dilengkapi prasarana pendukung.

Direktur Operasi Adhi Karya, Pundjung Brata Setya menjelaskan, timnya tengah mendesain proyek LRT tahap dua pada lintasan Cibubur-Bogor. Menurut Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2017, Adhi Karya ditugaskan untuk pembangunan LRT Jabodebek.

Kata Pundjung, kini survei untuk penggambaran trase mulai dilakukan dan ditargetkan rampung pada akhir tahun ini.

“Tahap dua kami coba paralel,” ujarnya saat meninjau jalur LRT di Cibubur, beberapa hari lalu.(dka)