25 radar bogor

Tambah Koleksi Aksesori

BOGOR–Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bogor terus meningkatkan kualitas. Salah satunya, jenis produk baru dari perajin atau UKM. Hasilnya dipamerkan dalam Galeri Kerajinan di Botani Square, Kota Bogor.

Terdapat puluhan jenis dan model baru aksesori wanita. Mulai kalung, anting, jepitan rambut hingga bros. Saat ini sudah ada 10 perajin atau UKM yang bergabung serta menjual produknya di Galeri Kerajinan.

“Satu perajin memiliki puluhan model baru. Merata. Semua perajin menambah model aksesori sesuai pasar,” kata pengelola Galeri Kerajinan, Saepudin Zuhri kepada Radar Bogor.

Perajin atau UKM itu, di antaranya, Rumiza Boutique, Fida Art, Niel Elerign, dan The Clara. Masing-masing produk memiliki keunikan dan terbuat dari bahan yang berbeda pula.

“Ada yang dari bahan batu atau mutiara, kawat, pita, sintetis, benang, kain perca, pita, dan beberapa bahan lainnya,” tuturnya.

Berbeda dengan produk lainnya, hasil karya perajin UKM di Dekranasda dipastikan memiliki kualitas bagus. Selain menggunakan bahan terpilih, proses pembuatan seluruhnya juga masih hand made. Kalaupun ada yang menggunakan mesin, itu hanya sebagian kecil dari proses pembuatan.

Saepuddin memastikan bahan yang digunakan sangat ramah lingkungan. Untuk variasi aksesori, beragam jenis gelang, bros atau hiasan baju dan jilbab, juga beragam pilihan kalung. Harga lebih bervariasi dan disesuikan dengan jenis aksesori, bahan dan model.(mer/c)