Beranda Bogor Raya Halte Pembinaan Jadi Acuan

Halte Pembinaan Jadi Acuan

UJI COBA: Warga binaan melihat cara kerja halte pembinaan, kemarin.

CIBINONG–Lembaga Pemasya­rakatan (Lapas) Pondok Rajeg Kelas II A Cibinong, membentuk halte pembinaan. Fasilitas tersebut, untuk mempermudah penilaian pemberian pengurangan masa menjalani pidana atau remisi kepada warga binaan.

Kepala Lapas (Kalapas) Pondok Rajeg, Anak Agus Gede Krisna menu­turkan, halte pembinaan tersebut akan digunakan sebelum warga binaan mengikuti kegiatan di lapas.

Sehingga, akan muncul nilai yang sudah ditentukan dari program pembinaan. “Besarnya meliputi kemandirian. Yaitu keterampilan mulai dari menjahit, mengelas, dan komputer. Sedang­kan kepribadian adalah kegiatan ibadah keagamaan, pendidikan paket dan Pramuka,” ujarnya kepada Radar Bogor.

universitas pakuan unpak

Dari berbagai kegiatan tersebut, kata pria yang akrab disapa Krisna ini, nantinya akan menjadi acuan dalam menentukan skor untuk masuk penilaian remisi.
Selain itu, sambung dia, warga binaan juga harus tidak tercatat dalam register pelanggaran. “Dalam mendapatkan nilai para napi harus absen pada TPS menggunakan sistem digital berupa sidik jari yang sudah direkam,” tuturnya.

Ia berharap, secepatnya sistem tersebut bisa diaplikasikan. Sebab, saat ini masih dalam tahap persiapan. “Kami juga harus sosi­ali­sasikan dahulu kepada napi agar tidak kaget dan semakin semangat mengikuti setiap kegiatan yang baik,” pungkasnya.(rp2/c)