Beranda Bogor Raya Barat Utara Irigasi Cirawakalong Menyempit

Irigasi Cirawakalong Menyempit


BERMASALAH: Pengerjaan proyek cut and fill Perumahan Bumi Kartika Dramaga dinilai membuat saluran irigasi Cirawa­kalong menyempit.

DRAMAGA–Saluran irigasi Cirawakalong di Desa Sirnasari mengalami penyempitan dan pendangkalan. Lebar irigasi yang awalnya tiga meter, kini berkurang hingga dua meter.

Kepala UPT Pengairan wilayah IV Ciawi, Eka Sukarna mengatakan, hal itu disebabkan adanya cut and fill yang dilakukan Perumahan Bumi Kartika Dramaga Raya. “Kami sudah meninjau lokasi. Dan benar adanya proyek pekerjaan pemukiman yang membuat irigasi menyempit,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Eka pun meminta agar pengembang perumahan bertanggung jawab atas penyempitan saluran irigasi tersebut. “Saya akan laporkan temuan ini ke Dinas PUPR Kabupaten Bogor untuk ditindaklanjuti. Sudah jelas merusak irigasi. Kami juga meminta agar ditinjau kembali site plan perumahan tersebut,” tegasnya.

universitas pakuan unpak

Selain itu, saluran irigasi Cirawakalong juga kini warna airnya cokelat pekat. Sedangkan alat berat Colbeco yang yang digunakan untuk cut and fil terus beroperasi. “Ini disebabkan aktivitas tersebut yang membuat air bercampur tanah,” tukasnya.

Sementara itu, pihak pengembang belum bisa dikonfirmasi. Di lokasi cut and fill pun tak ada. Hal yang sama juga terjadi di kantor pemasaran Perumahan Bumi Kartika Dramaga Raya.(all/b)