Beranda Bogor Raya Barat Utara Pengecer Bensin Serbu SPBU

Pengecer Bensin Serbu SPBU

ANTRE: Para pedagang bensin eceran mengantre di SPBU Cigudeg.

CIGUDEG–Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di wilayah barat Kabupaten Bogor tidak saja dipenuhi kendaraan yang hendak mengisi bensin. Namun, jeriken-jeriken berukuran 30 liter ikut mengantre untuk mendapatkan bahan bakar kendaraan tersebut. Hal ini pun menjadi pemandangan yang biasa bagi SPBU yang berada di daerah pedalaman.

Seperti SPBU di Kecamatan Nanggung, Cigudeg, dan Jasinga. Antrean didominasi para penjual bensin eceran. ”Kalau pengemudi kendaraan jarang sekali,” ujar petugas SPBU Cigudeg Nandar Kusnandar (45) kepada Radar Bogor.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab, letak SPBU yang berada di jalan utama kurang menjangkau pemilik kendaraan di pelosok. Sehingga penjual bensin eceran menjadi pilihan masyarakat untuk membeli bahan bakar kendaraannya.

universitas ibn khaldun uika bogor

Seperti dikatakan oleh pengecer BBM asal Desa Sukaraksa, Kecamatan Cigudeg, Wawan Mulyana (39). Banyak yang berprofesi seperti dirinya.

 

”Daripada ke SPBU, banyak konsumen yang memilih bensin eceran,”ujarnya. Selain itu, untuk bisa menjual bensin eceran dan membeli BBM di SPBU, dirinya harus mendapatkan izin usaha mikro dari pemerintah kecamatan setempat. Untuk menebusnya, harus menggunakan kupon. ”Dijatah dan wajib ada izin usaha,” singkatnya.(all/b)