25 radar bogor

Aliran 14 Ribu Pelanggan PDAM Macet

KESULITAN AIR: Warga sedang menampung air dari mobil tangki milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Proses relokasi pipa PDAM yang terdampak tol Bocimi membuat pelayanan air bersih di zona 1 terganggu sejak Rabu (20/9).
KESULITAN AIR: Warga sedang menampung air dari mobil tangki milik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor. Proses relokasi pipa PDAM yang terdampak tol Bocimi membuat pelayanan air bersih di zona 1 terganggu sejak Rabu (20/9).

BOGOR– Sekitar 14 ribu pelanggan PDAM Tirta Pakuan, khususnya di zona 1, tampaknya harus bersabar lebih lama. Pasokan air yang mulai tersendat sejak Rabu (20/9), diperkirakan baru akan kembali normal besok (24/9).

Kemarin (22/9), proses relokasi pipa PDAM akibat gangguan teknis di area pembangunan tol Bocimi di Jalan Kol Bustomi, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, akhirnya tuntas. “Secara keseluruhan, terutama daerah yang berada di bawah sudah teraliri air. Karena sekitar pukul 07.00 WIB sudah masuk di Reservoir Rancamaya,” ujar Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Pakuan, Ade Syaban Maulana.

Ade menuturkan, untuk kesempurnaan pasokan dan menunggu keseimbangan air, diperkirakan pada Minggu (24/9) baru akan normal seperti dulu lagi. “Nah, sekarang kondisinya bukan tidak ada aliran air ke rumah warga, tetapi menunggu sempurnanya pasokan air saja,” imbuhnya.

Dijelaskan Ade, untuk perumahan di kawasan Katulampa dan sekitarnya, sejak Jumat pagi sudah mulai teraliri air. Karena itu, Ade menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan atas terjadinya gangguan pelayanan ini. “Perlu diketahui, gangguan ini di luar kehendak kita. Tapi, PDAM berupaya maksimal agar pasokan air ke pelanggan bisa normal secepat-cepatnya,” jelasnya. Ade menuturkan, selama menunggu proses pengaliran air sampai 100 persen atau seperti sediakala. Maka, kini air akan tetap mengalir ke rumah pelanggan meski di sejumlah titik kecil.

“Yang jelas, kalau air mengalir langsung saja tampung sampai kondisi normal. Dan diharapkan sebelum hari Minggu semuanya sudah lancar kembali seperti dulu,” tuturnya. Sebelumnya, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor berusaha maksimal memper­cepat pemulihan sistem pengaliran (recovery) di zona 1, pasca-gangguan teknis di titik koneksi dan relokasi pipa area pembangunan tol Bocimi di Jalan Kol Bustomi Caringin Kabupaten Bogor, Rabu (20/9) siang.

Petugas dari Bagian Transmisi dari Distribusi (Trandis) dibantu bagian terkait siaga 24 jam melaksana­kan mekanisme “buang udara” di beberapa titik wash out dan hydrant. Tujuannya, agar aliran air di dalam pipa tidak terhambat oleh udara yang terjebak di dalam pipa.(rp1/*)