Beranda Bogor Raya Zikir hingga Pawai Obor

Zikir hingga Pawai Obor

KHUSYUK: Berbagai lapisan masyarakat mengikuti zikir bersama Ustaz Arifin Ilham di gedung Tegar Beriman.

CIBINONG–Bupati Bogor kum­pulkan para pejabat dan masyarakat di gedung Tegar Beriman Cibinong, Rabu (20/9) sore.

Zikir dan muhasabah dilakukan untuk memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah, yang dipimpin Arifin Ilham.

Para jamaah menundukkan kepala saat zikir. Bahkan, beberapa tak kuasa menahan tangis memohon ampunan atas dosa serta meminta keselamatan dunia dan akhirat. Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, pemkab memiliki berbagai program yang mengarah pada penguatan akhlak masyarakat. “Termasuk dengan mem­berdayakan masjid, pondok pesantren, dan organisasi kemasyarakatan Islam serta lembaga keagamaan yang berkembang di tengah masyarakat,” tuturnya.

universitas nusa bangsa unb

Di lokasi lain, berbagai macam cara dilakukan masyarakat untuk menyambut Tahun Baru 1439 Hijriah. Seperti yang dilakukan warga Kelurahan Pabuaran Mekar Kecamatan Cibinong dengan menggelar pawai obor.

Meski berada di lokasi perkotaan dan masyarakatnya heterogen, tradisi yang sudah ada sejak dahulu ini masih melekat dan dilestarikan. “Masing-masing wilayah mengadakan pawai obor. Dari 10 RW, sekitar 5 RW aktif menggelar pawai obor. Saya juga ikut melepas pawai,” ujar Lurah Pabuaram Mekar, Apid Junaedi.

Pria yang akrab disapa Apid ini mengungkapkan, acara yang dimulai sejak pukul 19.30 WIB itu seakan menjadi magnet. Ratusan warga berkumpul dengan membawa obor yang telah dibuat. Tak hanya kalangan tua, remaja hingga anak-anak pun bergembira dalam balutan tradisi penyambutan ini. Padahal, sebelumnya ia hanya menginstruk­sikan melalui lisan.

Ketua RW 06 Kelurahan Pabuaran Mekar Kecamatan Cibinong, Jana mengatakan bahwa warga di lingkungan­nya telah mem­persiap­kan kegiatan pawai obor sejak dua pekan sebelumnya.

Ia pun telah menginstruksikan para ketua RT untuk menyosialisasikan kegiatan pawai obor tersebut. Sehingga persiapan pun lebih matang. (rp2/c)