25 radar bogor

Dewan Dorong Pengadaan Lahan Makam

MEGAMENDUNG–DPRD Kabupaten Bogor melalui anggota Komisi III Dapil III, Dede Aroza, berjanji akan mendorong kebutuhan lahan makam di sejumlah wilayah konstituennya. Upaya itu terkait keluhan warga yang kini kekurangan lahan makam.

”Saat ini bisa mendengar apa yang disampaikan masyarakat kepada kami, menjadi pokok pembahasan yakni lahan pemakaman,” ujarnya kepada Radar Bogor.  Dede mengungkapkan ada dua wilayah desa yang kekurangan lahan pemakaman.

Pertama, Desa Cimande Jaya di Kecamatan Caringin dan Desa Sukaresmi, Kecamatan Megamendung.  Menurutnya, dana desa (DD) tidak memiliki porsi untuk pengadaan lahan pemakaman. Jika di Pemkab Bogor ada tempat yang dibebaskan melalui dinas terkait, tapi di desa tidak ada.

”Kami ingin menyampaikan apa masuk ke perumahan (Dinas PUPR) atau dinas lain. Ini penting, kalau masyarakat tidak punya pemakaman mau ke mana,” cetusnya. Politisi PKS ini juga menyebut ada beberapa solusi. Misalnya, dana swadaya masyarakat dengan mengadakan lahan melalui gotong royong. Solusi itu dimotori kepala desa sebagai model pendorongnya.(don/c)