Beranda Bogor Raya Waspadai Kebakaran Lahan

Waspadai Kebakaran Lahan

CILEUNGSI-Kebakaran lahan kosong yang terjadi di Desa Cipeucang, Kecamatan Cileung­si, tepatnya depan Peru­mahan Citra Indah Grand, Jumat (15/9) lalu, bisa dijadikan pelajaran masyarakat.

Pasalnya, kebakaran lahan kosong bisa merambat ke permukiman warga dan sangat berbahaya. Apalagi, sebagian besar kebakaran diakibatkan kelalaian warga.“Terlebih di musim kemarau seperti sekarang, banyak lahan yang kering dan mudah terbakar,” ujar Herman (45), warga Cileungsi.

Selain di Cileungsi, kata dia, beberapa daerah di Bogor Timur juga banyak terdapat lahan kosong yang mudah terbakar. Seperti di Sukamakmur, Jonggol, Cariu, dan Tanjungsari.

universitas nusa bangsa unb

Sebelumnya, Kapolsek Cileungsi Kompol Jaka Mulyana menerangkan bahwa kebakaran tersebut memang sengaja dilakukan pengelola lahan. “Untuk mempermudah mem­buka lahan,” ucapnya.

Kalau ada yang terganggu dengan pembakaran lahan, dia menyarankan agar warga melapor ke polisi. Sebab, pelaku pembakaran ini bisa dijerat hukum. Selain mengganggu, pembakaran lahan juga bisa membahayakan permukiman di sekitarnya.Namun, tidak ada laporan yang masuk ke kepolisian terkait kebakaran itu.

“Sampai sekarang belum ada laporan warga,” ucapnya. Rencananya, sambung dia, la­han itu digunakan untuk mem­bangun perumahan.(azi/b)