Beranda Bogor Raya Lahan Kosong Sengaja Dibakar

Lahan Kosong Sengaja Dibakar


KEBAKARAN: Lahan kosong di Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, tepatnya depan Perumahan Citra Indah Grand, diduga sengaja dibakar pemilik tanah lantaran ingin digunakan untuk perumahan, kemarin.

CIBUBUR-Kebakaran tak hanya marak terjadi di permukiman padat penduduk di Kota Bekasi. Beberapa daerah di Kabupaten Bogor, yang berbatasan langsung dengan Kota Bekasi, juga mengalami hal serupa. Seperti di Kecamatan Cileungsi dan Gunungputri.

Kemarin, kebakaran lahan kosong di Desa Cipeucang, Kecamatan Cileungsi, tepatnya depan Perumahan Citra Indah Grand, sempat jadi tontonan warga sekitar dan para pengendara yang melintas. Sebab, api yang melahap lahan kosong itu semakin besar.

“Kebakaran itu terjadi sekitar pukul 10.00. Saat itu, pengendara yang kebetulan melihat api berhanti untuk menonton. Apinya terus membesar. Makanya, bagus untuk didokumentasikan,” ujar Iskandar (29), pengendara yang kebetulan melintas, kemarin.

Pengendara asal Jonggol ini menuturkan, kebakaran diduga sengaja dilakukan. Pelakunya pihak yang memiliki kepentingan atas lahan kosong itu. “Hanya untuk mendapat keuntungan besar, pemilik tanah mengambil risiko dengan membakar lahan,” tukasnya.

Kondisi itu pada dasarnya merugikan warga sekitar. Selain menghasilkan hawa panas yang membuat pengendara dan warga tidak nyaman, masyarakat terganggu gumpalan asap yang dihasilkan.

Namun, kebakaran itu tidak merambat ke permukiman warga, karena lokasinya cukup jauh. Hingga kemarin sore, belum ada petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

Sementara itu, Kapolsek Cileunsi, Kompol Jaka Mulyana menerangkan, kebakaran itu disengaja dilakukan pengelola. “Itu bukan kebakaran, tapi memang dibakar untuk mempermudah membuka lahan,” tukasnya.

Kalau ada yang terganggu dengan pembakaran lahan itu bisa melaporkan ke polisi. Nyatanya, tidak ada laporan yang masuk ke kepolisian terkait gangguan atas kebakaran itu. “Sampai sekarang tidak ada laporan warga satu pun,” ucapnya. Rencananya, sambung dia, lahan itu digunakan untuk membangun perumahan.(azi/dka/c)