25 radar bogor

Kebut Rel Ganda Bogor-Sukabumi

SEPI: Jalur kereta api Bogor – Sukabumi yang melewati Stasiun Paledang, rencananya akan dibuat menjadi double track. Nelvi/Radar Bogor
SEPI: Jalur kereta api Bogor – Sukabumi yang melewati Stasiun Paledang, rencananya akan dibuat menjadi double track. Nelvi/Radar Bogor

BOGOR–Selain melakukan penataan Stasiun Bogor dan pembangunan Stasiun Suakresmi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) juga berencana membangun double track atau rel ganda di perlintasan kereta jurusan Bogor menuju Sukabumi. Hal itu, membuat warga yang masih menempati lahan PT KAI harus bersiap-siap angkat kaki.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menuturkan, pemkot sangat mendukung rencana yang didasari atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut. “Saya menyambut baik rencana pak presiden. Karena, Sukabumi bisa dikatakan jalur yang sangat luar biasa.

Tinggal sekarang, ketika itu sudah direalisasikan dalam bentuk perencanaan oleh PT KAI, baru kita akan coba bantu untuk sosialisasi,” jelasnya kepada Radar Bogor kemarin (13/9).

Artinya, ketika gagasan tersebut sudah berbentuk perencanaan, Pemkot Bogor siap melakukan sosialisasi ke masyarakat yang masih menempati lahan PT KAI di sepanjang jalur yang masuk dalam wilayah Kota Bogor. “Ini yang perlu dikoordinasikan dengan Pemkot Bogor, Pemkab Sukabumi, dan Pemkab Bogor. Untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat jika ada lahan-lahan PT KAI yang dipakai, untuk segera dikosongkan,” terangnya.

Namun, menurutnya, hingga kini belum ada pembahasan anatara Pemkot Bogor dengan PT KAI, soal pemberlakuan rel ganda di sepanjang jalur perlintasan Bogor-Sukabumi. Kini, kedua belah pihak sedang disibukkan dengan pembahasan antara pembangunan Stasiun Sukaresmi dan penataan kawasan Stasiun Bogor.(rp1/c)