25 radar bogor

Lomba Pangan dengan FAO

KERJA SAMA: Kwarnas Gerakan Pramuka menjalin kerja sama dengan Lembaga Pangan Dunia Food Agriculture Organization (FAO).
KERJA SAMA: Kwarnas Gerakan Pramuka menjalin kerja sama dengan Lembaga Pangan Dunia Food Agriculture Organization (FAO).

CIBUBUR–Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menjalin kerja sama strategis dengan Lembaga Pangan Dunia Food Agriculture Organization (FAO). Kedua belah pihak berencana mengadakan lomba poster dan video tentang Hari Pangan Dunia 2017.

“Bentuk kerja samanya, sebagai pembukaan kami ingin mengajak semua anggota Pramuka Indonesia ikut dalam lomba poster dan video,” ujar Communication Specialist FAO, Siska Widyawati saat bertemu Wakil Ketua Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum, Kodrat Pramudho di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Senin (11/9).

Lomba ini akan diadakan dalam dua tingkat, yaitu tingkat nasional dan internasional. Dalam lomba tingkat internasional, kata Siska, peserta akan bersaing dengan negara-negara lain di dunia. “Ini nanti pemenangnya ada dua tipe, yaitu tingkat nasional dan internasional. Kalau nasional akan dipilih dewan juri, baik dari Pramuka, orang-orang teknis, dan FAO. Untuk tingkat internasional, karya peserta akan kami kirimkan ke rekan kami di Roma,” jelasnya.

Dia menilai, kerja sama dengan Gerakan Pramuka yang anggotanya mayoritas generasi muda sangat­lah strategis. Terlebih generasi muda menjadi salah satu tonggak utama dalam menyebarkan isu yang menjadi tema FAO, yakni “Mengubah Masa Depan Migrasi dan Investasi di Bidang Keta­ha­nan Pangan dan Pembagunan Pedesaan.”

Menurut Siska, kebanyakan orang bermigrasi di dalam negeri. Migrasi, lanjut dia, dinilai sebagai pilihan karena desa tidak menguntungkan bagi mereka. Terlebih, menurut data FAO, 75 persen sumber kemiskinan ada di pedesaan.

Karena desa dianggap tidak bisa memenuhi kebutuhan, mereka bermigrasi, entah menjadi TKI di luar negeri maupun mengadu nasib di kota. “Karena Pramuka itu diisi pemuda-pemudi Indonesia yang andalan, kami berharap Pramuka mendukung tema tahun ini,” harapnya. Kemudian menyebarluaskan bahwa migrasi itu pilihan bukan keharusan dan pertanian menguntungkan, sehingga generasi muda tertarik.

Sementara itu, Kwarnas Gerakan Pramuka menyambut baik kerja sama ini yang disampaikan Kodrat Pramudho dalam pertemuan dengan pihak FAO Indonesia di Gedung Tri Satya, Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Senin (9/11).(dka/c)