Beranda Bogor Raya Bogor Masuk Prioritas E-Tilang

Bogor Masuk Prioritas E-Tilang

CIBINONG–Kabar tentang e-tilang melalui kamera pengintai atau CCTV pada traffic light (TL), cepat menyebar di masyarakat melalui pesan berantai.

Menanggapi perihal tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, saat ini di tingkat pusat sedang melakukan rapat intens. Sebab, tingkat daerah tinggal melaksanakan. “Kami sudah siap, sebab ingin negara semakin maju. Tetapi kami kurangi polisi yang ada di jalan dengan penggunaan IT,” ujarnya, kemarin (12/9).

Lebih lanjut ia mengatakan, polisi yang ada di jalan akan lebih banyak bertugas misal ke kampung dan bersilaturahmi dengan masyarakat. Menurutnya, saat ini masyarakat lebih takut kepada polisi daripada aturannya. Ia bertekad, ingin mengubahnya untuk meningkatkan sumber daya manusianya agar lebih patuh hukum.
Sehingga, tidak perlu ada polisi yang melakukan penilangan, cukup melalui elektronik saja. “Seperti di Singapura, tidak ada orang melanggar meski tanpa ada polisi,” tuturnya.

universitas pakuan unpak

Meski demikian, mantan kapolda Sumatera Selatan itu menegaskan, penegakan hukum dikenal dengan tiga kriminal justice system di antaranya kepolisian, kejaksaan, dan pengadilan.

Sehingga, kata dia, ketiganya harus benar-benar bersinergi terlebih dahulu. Selain itu, jika berbicara CCTV tidak bisa semuanya langsung teranggarkan.
Sebab, harus ada proses yang dilalui. Seperti, penerapannya dilakukan di jalan protokol dan rawan kecelakaan. “Tidak semuanya dulu. Uang dari mana? Bogor dan beberapa kabupaten yang memang menjadikan atensi polda bisa didulukan,” katanya.

Kemarin, Irjen Pol Agung Budi Maryoto pun mendatangi RT 06/ 06 Desa Cijujung, Kecamatan Sukaraja. Ratusan warga rela mengantre untuk mendapatkan sembako, Alquran, serta santunan lainnya. Agung mengatakan, kegiatan sudah direncanakan sejak menjabat kapolda Jabar.

Beberapa waktu lalu, ia mengaku saat mengunjungi daerah lain untuk bersilaturahmi dengan masyarakat sekaligus berbagi infromasi terkait kamtibmas.(rp2/c)