Beranda Bogor Raya Berkenalan dengan Komunitas Upload DIY

Berkenalan dengan Komunitas Upload DIY

Barang bekas bagi sebagian orang dianggap tak memiliki nilai lebih. Padahal, dengan kreativitas, sebetulnya barang bekas bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai. Di tangan komunitas Upload DIY (Do It Yourself), barang bekas bahkan tak hanya mendatangkan penghasilan, tapi juga jadi ajang silaturahmi memperbanyak teman dan memperluas jaringan.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan melalui barang bekas. Jika kita cerdas mengolahnya, maka barang bekas tersebut bisa menjadi barang menarik dan bermanfaat. Komunitas Upload DIY merupakan gagasan dari Baby Dinata. Awalnya, Baby Dinata seorang selebgram atau selebriti Instagram, yang sering meng-upload hasil dekorasi rumahnya. Dekorasi rumah itu didesain sendiri dengan kreativitasnya dari hasil mendaur ulang barang bekas. “Saya mendekor rumah dengan karya-karya meman­faatkan barang bekas,” ujar founder Komu­nitas Upload DIY ini.

Baby merasa bahwa para ibu rumah tangga mempunyai waktu luang. Nah, agar waktu luang tersebut bisa bermanfaat, Baby menggagas untuk mendaur ulang barang-barang bekas menjadi sebuah barang yang bermanfaat untuk mendekorasi rumah.

universitas nusa bangsa unb

Baby juga sering diminta ibu-ibu untuk memberikan tutorial pembuatan barang-barang untuk mendekorasi rumah. Akhirnya, Baby membuat sebuah akun baru di Instagram yaitu @upload_DIY dan membagikan ilmunya di Instagram tersebut dengan menggunakan hastag #UploadDIY. Ternyata, antusias dari orang-orang terhadap hasil karya Baby pun sangat besar. Di situlah, akhirnya Baby mendirikan komunitasnya pada 5 November 2016.

Komunitas Upload DIY merupakan komunitas yang bergerak dalam bidang mendaur ulang barang-barang bekas menjadi barang berguna untuk mendekorasi rumah. Komunitas Upload DIY mengajak para ibu muda untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengolah apa pun dan mengajak para ibu untuk memiliki kemampuan yang dapat dijadikan pendapatan. “Dengan mengolah barang bekas, kita bisa mendekorasi rumah juga memiliki barang bernilai jual dengan cara yang dikreasikan.

Manfaatnya untuk para ibu muda yang hanya menjadi ibu rumah tangga, bisa mendapatkan kegiatan positif, bisa mendapat penghasilan lebih dan membuka lapangan pekerjaan,” tutur Baby Dinata, yang kini menjabat ketua umum dan penasihat Upload DIY.

Komunitas Upload DIY berkembang sangat pesat di media sosial, sekarang anggota komunitasnya sudah hampir ada di seluruh Indonesia. Komunitas Upload DIY Bogor tergabung di Komunitas Upload DIY JABODETABEK yang berdiri pada 4 Agustus 2017. Untuk anggota Komunitas Upload DIY memiliki sembilan pengurus inti dan secara keseluruhan hampir 4.000 anggota yang terdaftar di media sosial. Sedangkan, untuk Komunitas Upload DIY JABODETABEK terdapat 162 anggota. Komunikasi antaranggota lebih aktif melalui media sosial seperti Instagram dan WhatsApp.

Komunitas Upload DIY memiliki visi yaitu membentuk masyarakat berjiwa kreatif, inovatif, solutif, dan peka terhadap lingkungan sosial. “Misinya, menularkan jiwa kreatif, memberi wadah memublikasikan hasil kreativitas dan berperan aktif dalam kegiatan sosial, serta cinta alam dengan cara memanfaatkan barang bekas. Dengan begitu akan mengurangi limbah,” tambahnya.

Kepengurusan ini bersifat tidak permanen, kecuali untuk ketua umum dan penasihat, ketua dan wakilnya. “Karena kami harus melihat kinerja mereka dalam berorganisasi,” tutur Baby Dinata.(cr6/c)