25 radar bogor

Ulama Berperan Ciptakan Kedamaian

PELATIHAN: Salah satu pemateri dari MUI Kecamatan Cisarua, menyampaikan paparannya kepada ratusan peserta pelatihan imam dan khatib di aula kantor Kecamatan Cisarua, kemarin.
PELATIHAN: Salah satu pemateri dari MUI Kecamatan Cisarua, menyampaikan paparannya kepada ratusan peserta pelatihan imam dan khatib di aula kantor Kecamatan Cisarua, kemarin.

CISARUA–Demi mewujudkan kehidupan religius bagi seluruh masyarakat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cisarua mengadakan pelatihan kepada 106 imam dan khatib masjid seluruh desa di aula kantor Kecamatan Cisarua, kemarin (11/9).

Ketua MUI Cisarua KH Rachmatullah menjelaskan, kegiatan tersebut diisi materi keilmuan salat Jumat dan khutbah. Pelatihan disisipi juga materi bahaya paham terorisme dan bagaimana menyikapinya.

”Tujuannya, untuk menciptakan ketenteraman, keamanan, dan kedamaian. Jangan sampai ada kelompok yang merusak negara dan Islam,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Demi meningkatkan kualitas, sejumlah ulama MUI Kabupaten Bogor hadir sebagai pemateri. Seperti KH. Syafrudin Amin, Ustaz Khaerudin Anwar, serta Ustaz Irvan Zaryab Awwaludin. Selain itu, hadir pula KH Buyamin, KH Busnudin, dan Ustaz Fuad Hasan. Kegiatan ini juga didampingi Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Bogor yang diwakili Iwan Setiawan.

”Pesertanya berasal dari sepuluh desa di Kecamatan Cisarua. Nantinya MUI desa akan mengadakan kembali kepada imam dan khatib di wilayahnya,” terang Rachmatullah.
Di lokasi yang sama, Camat Cisarua Bayu Rahmawanto menyampaikan kegiatan tersebut untuk mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga para imam serta khatib tidak memberikan dakwah yang menyesatkan umat.

”Intinya kami berupaya dengan para alim ulama mewujudkan Islam rahmatan lilalamin (rahmat bagi semua). Menyejukkan tidak hanya kepada umat Islam, tetapi kepada seluruh masyarakat,” tukasnya.(don/c)