Beranda Bogor Raya Dishub Siapkan PJU Tenaga Surya

Dishub Siapkan PJU Tenaga Surya

SUKAMAKMUR–Pemerintah Kabupaten Bogor akan memasang penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya di Kecamatan Sukamakmur pada 2018. Lampu penerangan jalan umum ini dianggap mampu menghemat listrik.

Kasi Fasilitas dan Perlengkapan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Yuyu Sukmawati menerangkan, pemasangan PJU tenaga surya merupakan inisiasi Dishub guna menunjang penerangan jalan untuk masyarakat.

Sehingga, kawasan hutan dan perbukitan di Kecamatan Sukamakmur menjadi aman dan nyaman bagi warga maupun pengen­dara. “Jika terang pasti berimbas pada kenyamanan warga Bogor, khususnya para pengendara,” ujarnya kepada Radar Bogor kemarin (7/9).

Terlebih, sambungnya, proyeksi pemba­ngunan jalur Puncak Dua terus berjalan. Hingga 2018, penerangan di Sukamakmur bisa tercapai. “Mudah-mudahan 2018 ini sudah terealisasi,” terangnya.

Dia menerangkan, dana pengadaan PJU tenaga surya dari bantuan provinsi (banprov) DKI Jakarta Rp15 miliar lebih. “Surat pengajuannya sudah kami kirim. Tinggal menunggu banprov turun,” ucapnya.

Tidak hanya menunjang kenyamanan warga, PJU tenaga surya juga bisa menghemat konsumsi listrik. Seperti di Surabaya, telah dilaksanakan di tujuh lokasi PJU Tenaga Surya (TS) dan PJU retrofit. “Kami rencanakan 400 unit dengan estimasi satu unit harganya Rp40 juta,” terangnya.

Kabar gembira itu disambut baik Pemerin­tah Kecamatan Sukamakmur. Camat Suka­ma­kmur, Zaenal Ashari berharap program itu segera terealisasi. Sebab, masalah pene­rangan jalan cukup urgen bagi masyarakat. “Tidak sedikit warga menguta­rakan harapan ada PJU, karena berkaitan dengan keamanan,” ungkapnya.(azi/c)