Beranda Bogor Raya Relokasi Hanya untuk Pedagang Bogor!

Relokasi Hanya untuk Pedagang Bogor!

LAHAN BARU: Relokasi bagi pedagang kaki lima (PKL) Puncak di Taman Wisata Matahari (TWM), kemarin.

CISARUA–Para pedagang kaki lima (PKL) mulai berbenah. Setelah pembongkaran, kini mereka mulai menempati lahan relokasi di Taman Wisata Matahari (TWM), Selasa (5/8) malam. Namun, tak sedikit dari mereka yang tidak mendapatkan lahan relokasi. Di antaranya para pemilik rumah toko (ruko). Mereka bahkan sempat berunjuk rasa ke Cibinong, kemarin (6/9).

Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Puncak, Teguh Mulyana menyebutkan, PKL hampir seluruhnya sudah tertampung di TWM. Ada sekitar 150 kios yang disewa dengan harga Rp750 ribu per bulan. Nominal itu cukup terjangkau dari harga pasaran kios antara Rp1-2 juta per bulan.

“Sebanyak 221 PKL telah menempati lokasi baru. Sebanyak 150 kios di lahan relokasi, dan sisanya ditampung di hotel. Jadi yang demo itu bukan PKL. Tapi pedagang di rumah dan warung. Mereka bukan lapak lagi, tapi tempat tinggal,” terangnya kepada Radar Bogor.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Bogor, Jona Sijabat. “Kami memang memilih pedagang asli Kabupaten Bogor dibandingkan pendatang,” tegasnya.

Terkait jumlah lahan relokasi, pihaknya menyediakan beberapa lahan. Pertama, TWM sebanyak 160 kios dan di The Ranch dengan 200 kios. Pemerintah juga telah menggandeng Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bogor.(don/c)