Beranda Bogor Raya Tunggu Proyek Nambo

Tunggu Proyek Nambo

TAK MUAT: TPA Galuga dianggap sudah sulit untuk terus
menampung sampah.

CIBINONG–Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor masih menunggu kepastian pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Nambo. Selama ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor berharap besar terhadap TPA Nambo karena Galuga sudah tak mampu menam­pung tumpukan sampah dari Kabupaten Bogor. Tak hanya itu, banyak warga yang telah menolak adanya pembuangan sampah di Galuga.

Kepala DLH Kabupaten Bogor, Pandji Ksatriadji mengatakan, telah melakukan penandatanganan untuk pembangunan TPA Nambo. Saat ini, hanya menunggu pelaksanaan dari pihak ketiga yang belum terlaksana.

Menurutnya, pembangunan direncanakan tahun ini agar target bisa digunakan tahun depan bisa terealisasi. “Memang ini harus disegerakan untuk digunakan sebagai pembuangan sampah dari tiga wilayah, yaitu Kabupaten Bogor, Kota Bogor dan Depok,” tuturnya.

Pandji menuturkan, untuk mengatasi persoalan sampah sedang mempersiapkan solusi pengolahan sampah lain di antaranya membentuk 195 bank sampah, kampung ramah lingkungan, membiasakan masyarakat tidak membuang sampah, dan pengolahan 3R.

Menurut Pandji, idealnya untuk menangani sampah 10 ribu jiwa dibutuhkan satu truk sampah. Sementara, jumlah penduduk di Kabupaten Bogor ada 5,6 juta, berarti dibutuhkan 560 truk. Namun, DLH baru punya 156 truk. Sehingga, para petugas kebersihan di lapangan harus bekerja ekstra. (rp2/c)