25 radar bogor

PDAM Kota Bogor Tersehat Kedua Nasional

BOGOR–Badan Peningkatan Penye­leng­garaan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) menetapkan PDAM Kota Bogor sebagai PDAM “sehat” berdasarkan La­po­ran Kinerja 2016. Dalam Buku Laporan Kinerja 2016 yang diter­bitkan BPPSPAM, PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor ditempatkan peringkat kedua dari 371 PDAM yang dinilai kinerjanya oleh BPPSPAM.

Perusahaan air bersih milik Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor ini mendapat nilai 4,26 atau terpaut 0,5 poin dari PDAM Kabupaten Buleleng di peringkat pertama. Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPPSPAM Sri Hartoyo mengatakan, Buku Laporan Penilaian Kinerja PDAM ini merupakan hasil penilaian yang dilakukan oleh BPPSPAM bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) terhadap PDAM yang ada di kabupaten dan kota di Indonesia.

“Pada 2016, BPPSPAM melakukan penilaian kinerja terhadap 371 PDAM untuk memberikan gambaran terhadap perkembangan kinerja yang dicapai PDAM. Referensi yang digunakan adalah laporan evaluasi kinerja PDAM oleh BPKP tahun buku 2013, 2014, sampai dengan tahun buku 2015,” kata Sri.

Penilaian kinerja terhadap PDAM dilakukan dengan menggunakan indikator yang terdiri atas empat aspek, yaitu aspek keuangan (bobot 25 persen) meliputi rentabilitas, solvabilitas dan likuiditas. Aspek pelayanan (bobot 25 persen) meliputi cakupan pelayanan teknis, pertumbuhan pelanggan, tingkat penyelesaian aduan, kualitas air pelanggan, dan konsumsi air domestik. Aspek operasional (bobot 35 persen) meliputi efisiensi produksi, tingkat kehilangan air, jam operasi pelayanan, tekanan air, dan penggantian meter air pelanggan.

Dan aspek sumber daya manusia (bobot 15 persen) meliputi rasio pegawai terhadap 1.000 pelanggan, rasio pendidikan dan pelatihan pegawai dan rasio biaya pendidikan dan pelatihan. “Masing-masing aspek dirinci ke dalam beberapa parameter dan selanjutnya hasil penilaian­nya diklasifikasikan ke dalam tiga kategori, yaitu Sehat, Kurang Sehat dan Sakit,” jelas Sri.

Menanggapi prestasi yang membanggakan ini, Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Deni Surya Senjaya secara pribadi merasa bangga terhadap pencapaian yang diraih. ”Terima kasih kepada seluruh karyawan yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik,” tandasnya. (wil/*)