25 radar bogor

Lomba Imbangi dengan Ajaran Agama

SERU: Para siswa Ummul Quro saat mengikuti salah satu lomba yang diadakan untuk memperingati HUT ke-72 RI.
SERU: Para siswa Ummul Quro saat mengikuti salah satu lomba yang diadakan untuk memperingati HUT ke-72 RI.

BOGOR–Masih dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-72 RI, SMPIT Ummul Quro pun memeriahkannya dengan berbagai lomba selama beberapa hari. Koordinator kegiatan, Dini Andriani menjelaskan, memang tiap tahun selalu diadakan, hanya tidak selalu sama pada tema kegiatan dan juga isi acara.

Kata Dini, ada sepuluh jenis yang dilombakan dan diikuti semua perwakilan kelas masing-masing.

Yaitu lomba selancar balon, balap sarung, kelereng sumpit, ranking 1, transfer air dan masing banyak lagi.

“Ada kurang lebih sepuluh macam lomba yang diikuti anak-anak, ada juga yang diikuti atau pesertanya khusus para guru SMPIT Ummul Quro,” jelasnya kepada Radar Bogor.

Yang menarik, semua lomba harus diimbangi dengan tata cara agama. Seperti halnya lomba memakan kerupuk. Di mana sangat terkenal bahwa lomba makan kerupuk di masyarakat dilakukan secara berdiri.

“Kalau kami, lomba makan kerupuk sambil duduk, sesuai dengan ajaran Islam, makan dan minum dilakukan harus duduk,” ujarnya.

Satu lagi yang menarik dalam lomba, kata Dini, yakni lomba menghias kelas masing-masing yang sengaja dilakukan karena bertepatan dengan masuknya tahun ajaran baru.
Lomba tersebut diadakan bertujuan agar anak-anak menciptakan kelas yang mereka hias sendiri dan membuatnya merasa nyaman.

“Poin penilaiannya, tentu kebersihan kelas, kerapian, kelengkapan atribut kelas, kreativitas, juga kekompakan anak-anak dalam menghias. Tentu ada guru atau tim pe­nilaian yang muter melihat proses itu,” tambah Dini.

Dini mengatakan, dengan beragam kegiatan lomba tersebut, tertanam semangat juang para anak didik di SMPIT Ummul Quro dan memaknai hari kemerdekaan dengan merayakannya serta mencip­takan semangat untuk meng­hasilkan prestasi dalam bidang apa pun untuk kema­juang negara.(ran/c)