Beranda Bogor Raya Jalan Veteran Dikerjakan Tahun Depan

Jalan Veteran Dikerjakan Tahun Depan

TUNTUT PERBAIKAN: Aksi ratusan massa dari Desa Telukpinang saat berdemo atas rusaknya Jalan Veteran II dan III, Rabu (30/8) pekan lalu. Doni Radar Bogor

CIAWI–Berulang kalinya gagal lelang proyek Jalan Veteran II dan Veteran III, dinilai sebagai sabotase jelang Pilkada 2018. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan. Menurut politisi Partai Gerindra ini, kondisi tersebut akibat permai­nan oknum orang dalam.

Menurutnya, gagal lelang sudah terjadi beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir. ”Teluk Pinang kan bukan di jurang ya. Ada orang yang tadinya tidak disindir-sindir dari awal kesambet gitu saja,” ujarnya kepada Radar Bogor.

Menurutnya, wakil rakyat perlu me­ngetahui aksi unjuk rasa mas­yarakat yang terjadi pada Rabu (30/8) pekan lalu. Kendati de­mikian, Jalan Veteran II dan III bisa dibangun pada 2018 men­datang. ”Mung­kin kalau angga­rannya masih bisa, karena uang­nya ada. Paling dikerjakan tahun depan. Ter­penting ada aksi,” tan­­dasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabu­paten Bogor, Wawan Haikal Kurdi enggan me­nanggapi terkait kabar adanya sabotase. ”Saya tidak mau komen­tar soal itu, karena bukan soal itu (politik pilkada). Saya yakin bukan hanya Teluk Pinang saja, tetapi sudah nasional,” ungkapnya.

Wanhai -panggilannya- lebih menanggapi rincian proyek yang berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan memiliki aturan dalam penyerapan anggarannya. Ia menilai selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mem­pertim­bangkan itu. ”Setelah dipertim­bangkan mungkin yang disam­paikan gagal lelang,” ujarnya.

Direncanakan, pada Desem­ber 2017 proyek kembali masuk lelang. Sehingga tidak menggu­nakan DAK melainkan APBD 2018. ”Mungkin ini jadi proyek yang paling pertama di tahun depan,” kata dia.

Saat ditanya soal apakah tahun ini bisa diupayakan pembangu­nan, Wawan menyatakan hal iti bisa saja terjadi. Tapi menggu­nakan anggaran pemeliharaan jalan.(don/c)