25 radar bogor

Indonesia vs Fiji, Harus Menang Besar

JAKARTA–Nyaris tidak ada yang istimewa dari uji coba internasional yang akan dijalani oleh Tim Nasional (Timnas) Indonesia, sore nanti. Sebab, tim tamu yang mereka layani nanti, adalah Fiji, negara kecil berpenduduk kurang dari 1 juta yang tidak pernah terdengar prestasi sepak bolanya di pentas internasional.

Apalagi, dalam laga yang akan berlangsung di Stadion Patriot, Bekasi (tayangan langsung RCTI Pukul 16.00 WIb) itu, Bula Boys –julukan Timnas Fiji– hanya datang dengan para pemain muda yang masih minim pengalaman bertanding di level internasional. Mayoritas dari mereka baru mengantongi 3 sampai 7 kali bermain di level internasional.

Meski begitu, laga tersebut bisa terlihat sedikit istimewa bila tim besutan Luis Milla itu bisa bermain ciamik dan mendominasi seluruh laga. Toh, dengan materi pemain yang ada, syarat tersebut sejatinya tidak begitu sulit bagi Indonesia. Apalagi, dua pemain tengah sarat pengalaman, Stefano Lilipaly dan Bayu Pradana akan menjadi dirigen pertandingan.

Mereka akan dibantu oleh Andik Vermansah di sisi kanan dan Rizky Pora di sisi kiri yang terkenal memiliki kecepatan tinggi. Dengan begitu, duet Boaz Solossa dan Irfan Bachdim di lini depan, sudah pasti akan dimanjakan dengan umpan-umpan matang dari dua winger yang terkenal memiliki akurasi umpan di atas rata-rata itu.

“Saya ingin ada visi yang jelas dari pertandingan ini. Dan, lini tengah adalah posisi yang sangat strategis dan memegang peranan penting sepanjang game,” kata Luis Milla. “Jadi, harapan terbesar saya adalah, para pemain harus bisa menunjukkan karakter dan bisa memainkan permainan bagus yang enak ditonton,” tambah pelatih asal Spanyol itu.

Di sisi lain, pelatih Fiji, Christophe Gamel telah sadar diri bahwa mereka bukan negara yang ideal untuk menguji kekuatan sepak bola Indonesia. “Karena kami negara kecil, sementara Indonesia memiliki skuad lengkap dan hebat. Ini merupakan petualangan baru bagi kami, saya harap tim kami bisa bekerja keras untuk pertandingan besok (hari ini, Red),” ungkapnya. (ben)