Beranda Bogor Raya Ajarkan Ibadah Haji Sejak Dini

Ajarkan Ibadah Haji Sejak Dini

Andika/Radar Cibubur/b
MANASIK: Siswa-siswi An Nahl Islamic School, antusias mengikuti manasik haji yang diadakan sekolahnya.

CIBUBUR-Ratusan siswa An Nahl Islamic School ikut simulasi manasik haji di lingkungan sekolahnya didampingi guru pembina dari masing-masing unit, Rabu (28/8). Mereka terdiri dari kelas 5-6 SD sebanyak 120 anak, siswa kelas 9 SMP sebanyak 40 anak, serta siswa TK sebanyak 80 anak.

Tampak wajah ceria dan gembira anak-anak yang ikut manasik haji rukun Islam yang kelima ini, layaknya orang dewasa me­nunaikan ibadah haji sungguhan. Para siswa sangat menikmati tata cara beribadah haji. Mulai dari tawaf, sai, melempar jumrah hingga wukuf sampai penyem­belihan miniatur hewan kurban.

“Selain dibimbing tentang tata cara menunaikan ibadah haji, siswa juga diajarkan melafalkan dan menghafal doa-doa dalam ibadah haji,” papar Direktur Pendidikan An Nahl Islamic School, Supangat Rohani.

penerimaan mahasiswa-unpak-universitas-pakuan

Kalimat talbiah pun terus dikumandangkan ratusan murid yang memenuhi lapangan sekolah dengan mengenakan baju ihram dan baju serbaputih. Walau di bawah sengatan terik matahari, tak menjadi penghalang untuk tidak melaksanakan simulasi manasik haji.

“Manfaat manasik haji ini agar mengingatkan anak bahwa ada waktu menunaikan ibadah haji, yakni Dzulhijjah. Juga untuk me­numbuhkan semangat menu­naikan ibadah haji pada siswa sejak usia dini. Lebih penting lagi, bagaimana kita menjaga kebersamaan antarsiswa di ling­kungan An Nahl,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Yudi Efendi me­nga­takan, tujuan manasik haji untuk memberikan penge­tahuan dan pengalaman kepada siswa tentang pelaksanaan haji dan umrah.

Metode pembelajaran yang tepat berupa teori dan praktik akan bermanfaat bagi siswa di masa datang. Di samping itu, nilai karakter keislaman juga harus ditanamkan pada anak sejak usia dini.(dka/c)