Beranda Bogor Raya Mesin Pengolah Sampah Buatan Warga Ciawi

Mesin Pengolah Sampah Buatan Warga Ciawi

KREATIF: Anggota Komisi VII DPR RI, Nawafie Saleh menggunting pita meresmikan penggunaan mesin pengolah sampah mandiri (foto kanan).

Demi mewujudkan Bendungan Zero Waste dari sampah. Warga Ciawi terus berinovasi. Salah satunya yang dilakukan anggota Mitra Baraya Parlindungan dengan Usaha Kita Bersama (UKB) membuat mesin olah sampah.

Laporan :
Muhammad Aprian Romadhoni

Pengelolaan sampah ini berbasis mandiri. Tidak menelan banyak biaya banyak dalam pengoperasiannya, alias murah. Selain itu, mesin berwarna hijau ini juga teruji ramah lingkungan.

”Ini hasil karya putra Bogor. Kami akan mengolah dan mewujudkan Bendungan Zero Waste,” ujar Ketua LSM Mitra Baraya, Abdul Holik kepada Radar Bogor.

Ia menjelaskan, hasil pengolahan sampah akan dijadikan sebagai bahan material bangunan. Di antaranya digunakan untuk briket, bahan baku pembuat asbes dan partikel board. Sedangkan pembuatan konblok dihasilkan dari olahan sampah nonorganik.

Abdul berharap pengolahan sampah mandiri dapat mengatasi permasalahan sampah secara perlahan. ”Sehingga selesai dari awal tanpa ada lagi sampah yang dibuang ke TPA, dan menunjang Program Bendungan Zero Waste,” cetusnya.

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI, Nawafie Saleh berjanji akan mendorong program tersebut kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK). ”Untuk masalah pengelolaan sampah ini memang harus masuk program,” sebutnya.

Selain itu, Nawafie juga akan mendorong warga Kabupaten Bogor, terutama pemerintah daerah, agar mendukung penggunaan mesin pengolahan sampah. ”Kami akan dorong dan ini bagus jika diterapkan setiap kecamatan dan desa,” terangnya.(*/c)