Beranda Bogor Raya Lahirkan Siswa Siap Kerja

Lahirkan Siswa Siap Kerja

SIAP KERJA: Pihak SMK Pariwisata Metland School mengapresiasi siswanya yang sukses melakukan magang kerja, Selasa (29/8).

CIBUBUR–Belajar dalam dunia kerja nyata bukanlah hal mudah. Dibutuhkan keahlian dan keterampilan mumpuni dalam menjalani pelatihan masa kerja. Apalagi, mereka yang menjalani pelatihan kerja berada dalam industri berkelas.

Untuk itu, 104 siswa SMK Pariwisata Metland School diberikan apresiasi pihak sekolah karena sudah melewati masa kerja nyata selama enam bulan. Pihak sekolah sengaja mengadakan ‘pesta kecil’ sebagai bentuk selebrasi dengan mengundang orang tua para siswa.

“Pembagian sertifikat kerja industri ini sebagai bentuk informasi kepada orang tua bahwa anak–anaknya sudah berhasil melewati masa yang cukup berat selama enam bulan,” ujar Kepala SMK Pariwisata Metland School, Darmawan acara di Metropolitan Mall Cileungsi, Selasa (29/8).

Menurutnya, bukan hal mudah, ada aspek jiwa, tenaga, pikiran, dan perasaan di usia mereka belajar bekerja. Di samping itu, pemberian apresiasi juga masuk program sekolah tentang Parents Education Program.

Di mana, sekolah ingin memberikan pesan setelah anak–anaknya lulus memiliki semangat serta spirit baik. “Dalam dunia kerja sesungguhnya, kami harapkan spirit itu masih terjaga. Ketika mereka lulus, siap kerja,” terangnya.

Berbagai cara untuk menjaga spirit, kata Darmawan, pertama komunikasi baik dengan anak. Sambil menyadarkan anak bahwa bekerja akan ditemui risiko–risiko yang akan terjadi.

“Mencari nafkah itu tidak mudah, anak akan mengapresiasi dan sudah mengalami hal itu. Harapan kami dengan adanya program ini, komunikasi sekolah dan orang tua berjalan baik, komunikasi industri dengan sekolah juga berjalan baik,” harapnya.

Ke depan, SMK Pariwisata Metland School memiliki komitmen bersama melakukan pembinaan. Pihak sekolah memberikan satu keyakinan bahwa siswa sudah merasakan dunia kerja dan diapresasi sebetulnya mempunyai kemampuan, perliaku, dan kompetensi.

“Pola pendidikan di Metland School, membawa dunia kerja ke sekolah, khususnya pariwisata. Kami undang 12 industri, di antaranya sembilan hotel dan tiga nonhotel seperti mal, apartemen, serta perbankan,” tandasnya.(dka/c)