25 radar bogor

Launching Quipper Campus

UNTUK CALON MAHASISWA: Illah Sailah (paling kanan) bersama tim Qupper saat peluncuran Quipper Campus yang merupakan portal informasi tentang PTN dan PTS.

JAKARTA–Quipper perusahaan edutek terkemuka, memperkuat komitmennya untuk memastikan siswa-siswi Indonesia menerima pendidikan berkualitas dan memungkinkan mereka untuk bersaing di tingkat global dengan meluncurkan Quipper Campus, portal informasi satu atap yang menghubungkan para calon mahasiswa dengan pendidikan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Di Indonesia, angka partisipasi kasar (APK) untuk kategori usia 19-24 (tingkat perguruan tinggi) masih sangat rendah, yaitu di bawah 30 persen, menurut data Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis). Informasi terbatas yang diperoleh oleh calon lulusan SMA dan sederajat diduga menjadi salah satu hal yang memengaruhi rendahnya APK dalam kategori usia tersebut. Pemerintah pun telah aktif menangani masalah ini, salah satunya dengan cara meningkatkan kualitas institusi perguruan tinggi swasta (PTS).

Menanggapi keadaan ini, Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah III Jakarta, Illah Sailah mengatakan, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa PTS di Indonesia kurang berkualitas dan mahal. “Padahal kenyataannya ada beberapa PTS yang justru lebih berkualitas daripada PTN dan dengan biaya yang cukup terjangkau. Pola pikir masyarakat Indonesia yang masih berfokus pada PTN tentu memengaruhi hal ini,” katanya.

Tidak dapat dimungkiri, kualitas PTS juga menjadi faktor dalam pemilihan pendidikan tinggi. “Diperlukan pembinaan untuk meningkatkan mutu, salah satunya adalah dengan memperbanyak jumlah mahasiswa di PTS-PTS tersebut. Ini dikarenakan banyaknya PTS yang memiliki jumlah mahasiswa kurang dari 500, terutama untuk PTS yang berskala kecil, sangat memengaruhi kualitas PTS tersebut,” imbuh Ilah.

Dengan menggunakan Quipper Campus para calon mahasiwa bisa mendapatkan informasi lengkap tentang pendidikan tinggi di seluruh Indonesia, baik PTN maupun PTS. Termasuk lokasi, jurusan, mata kuliah, informasi administrasi, biaya dan masih banyak lagi.

Takuya Homma, country manager Quipper Indonesia mengatakan, mereka percaya bahwa setiap siswa memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan berkualitas dan dengan Quipper Campus. “Kami memperluas upaya kami untuk memberdayakan ekosistem pendidikan dengan pemanfaatan teknologi. Ini adalah bagian dari komitmen kami dalam mendukung program pemerintah untuk memastikan siswa-siswi Indonesia dapat bersaing di tingkat global,” terangnya.(ran/c)