25 radar bogor

Sediakan Akses Nelayan Go Online

LAYANAN: XL bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan layanan akses Nelayan Go Online.XL for Radar Bogor

JAKARTA–PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyiapkan masyarakat nelayan memanfaatkan teknologi digital. Hal itu untuk mendorong produktivitas dan meningkatkan hasil tangkapan ikan. Bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Komunikasi dan Informatika, XL Axiata mendukung program Nelayan Go Online kepada para nelayan di berbagai daerah.

Vice President XL Axiata West Region, Francky Rinaldo Pakpahan, mengatakan, XL Axiata Program Nelayan Go Online ini memanfaatkan aplikasi digital inovatif Nelayan Pintar (NELPIN) dari Kementerian KKP. “Kami menyediakan akses layanan data sehingga nelayan bisa memanfaatkan aplikasi NELPIN,” kata Francky.

Pihaknya telah mengimplementasikan program ini di Medan, Makassar dan Jawa Timur, dan akan terus memperluaskannya di wilayah lain. Dia berharap sarana digital ini mampu dimanfaatkan secara maksimal oleh nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan tingkat keamanan selama melaut.

Sementara itu, aplikasi NELPIN memiliki sejumlah fitur yang akan sangat mendukung aktivitas nelayan, baik saat bekerja melaut, maupun guna mengetahui kondisi pasar ikan.

Fitur itu antara lain menyediakan informasi arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, posisi/koordinat nelayan (GPS), juga lokasi berkumpulnya ikan. Selain itu juga tersedia informasi terkait harga ikan ter-update, serta permintaan atas jenis-jenis ikan. Aplikasi NELPIN dirancang Kementerian KKP dan ditargetkan untuk bisa dimanfaatkan bagi para nelayan di seluruh tanah air.(mer/a)