Beranda Bogor Raya Barat Utara Sawah Malasari Mirip Bali

Sawah Malasari Mirip Bali

SEPERTI DI BALI: Area persawahan Desa Malasari yang berundak dinilai mirip dengan yang berada di Bali.

NANGGUNG–Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, menjadi miniatur pertanian Bali di Bogor. Musababnya, wilayah berbukit itu dijadikan lahan persawahan daripada tanaman palawija.

Maka, tidak heran jika sawah di ujung barat Kabupaten Bogor itu berbukit, seperti yang berada di Pulau Dewata.

”Di sini kontur tanahnya berbukit. Tapi, kami tetap bertani padi dengan sistem seperti yang ada di Bali,” ujar petani asal Desa Malasari, Endang (65), kepada Radar Bogor.

Ia mengatakan, cara bertani padi dengan kontur berbukit ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Hal ini dilakukan secara turun-temurun oleh para petani Malasari.

”Lahan di sini masih cukup luas untuk menanam padi,” imbuh kakek bercucu delapan itu. Karena bentuknya yang menarik, para pencinta alam maupun wisatawan sering menyambangi tempat ini. Baik sekadar berswafoto maupun menikmati keunikan lahan pertanian berundak tersebut.

”Para pencinta alam yang naik Gunung Halimun sering menyempatkan diri untuk singgah,” tandasnya.

Hal itu pun diakui Camat Nanggung Mulyadi. Menurutnya, area persawahan Malasari menjadi yang terindah di wilayah barat Kabupaten Bogor. Dari cara bercocok tanam hingga pembentukan lahan pertanian, dilakukan dengan mengikuti kontur tanah berbukit. ”Di sana memang sering disebut lahan pertanian mirip Bali. Ditata sedemikian rupa, sehingga menyuguhkan hamparan persawahan yang indah,” tukasnya. (all/c)