Beranda Bogor Raya Ribuan Pencaker Serbu Bursa Kerja

Ribuan Pencaker Serbu Bursa Kerja

BURSA KERJA: Ribuan pencari kerja (pencaker) memadati lokasi bursa kerja di Sport Hall PT Indocement Tunggal Prakarsa, Kecamatan Citeureup, kemarin

CITEUREUP-Menjawab per­soalan tenaga kerja, Pemerin­tah Kecamatan Citeu­reup be­kerja sama Dinas Tenaga Kerja (Dis­naker) Kabupaten Bogor mem­buka bursa kerja di Sport Hall PT Indocement Tunggal Prakarsa, kemarin (24/8). Bebe­rapa perusahaan turut bekerja sama untuk mendukung acara ini.

Kadisnaker Kabupaten Kabupaten Bogor, Yos Sudrajat menerangkan, Pemerintah Kabupaten Bogor bekerja sama dengan beberapa perusahaan berusaha menyerap ribuan pekerja. Ada sekitar 3.215 lowongan tenaga kerja baru.

“Lowongan dari operator hingga manajer kami buka di sini agar pengangguran berku­rang,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin. Selain me­m­fasilitasi para pencari kerja, kegiatan ini juga mem­bantu perusahaan men­dapat­kan tenaga kerja berkualitas.

“Pameran bursa kerja ini diikuti 41 perusahaan. Ada 13 perus­haaan manufaktur, 3 industri garmen, 15 industri jasa, 1 perusahaan PJTKI, 5 per­ban­kan, dan 3 ritel,” ujarnya.

Dari lowongan ini, kata dia, terdapat sebanyak 235 orang lulusan SMP, 2.312 orang SMA, 357 D-3, dan 315 sarjana. Di tempat sama, Bupati Bogor Nurhayanti mene­rangkan, selain bursa, sistem kerja pemagangan juga tengah digarap Pemkab Bogor.

Ini mengikuti pemerintah pusat dalam mengupayakan peningkatan kompetensi pada 1.050.000 angkatan kerja baru di 2018. Ini juga sebagai upaya meningkatkan mutu tenaga ker­ja Indonesia.

“Saya berharap, jangan sampai persaingan kompetensi tenaga kerja yang tak merata berbuntut ketimpangan sosial dan kemiskinan,” tukasnya. Dengan demikian, proble­matika ketimpangan sosial dan kemiskinan yang disumbang lewat kompetensi.“Jangan melahirkan ketim­pangan peker­jaan yang mela­hir­kan ketim­pangan upah dan menyebabkan ketimpangan sosial,” terangnya.(azi/c)