Beranda Bogor Raya Barat Utara Petani Diminta Kembangkan Lahan Pertanian

Petani Diminta Kembangkan Lahan Pertanian

SUBUR: Lahan pertanian di Kecamatan Nanggung cukup subur, sehingga menjadi salah satu lumbung padi di Kabupaten Bogo

NANGGUNG–Kecamatan Nanggung merupakan salah satu lumbung padi di Kabupaten Bogor. Hal itu dilihat dari luasnya lahan pertanian yang mencapai ribuan hektare.  Berdasarkan data dari Pemerintah Kecamatan Nanggung, luas lahan pertanian Nanggung mencapai 2.861 hektare. Sementara, yang didominasi tanaman padi mencapai 2.752 hektare.

”Saat ini masih menjadi lumbung padi. Para petani juga sekarang sedang tarik ulur dengan pengembang perumahan soal lahan pertanian. Tapi sejauh ini masih kokoh mempertahankan lahannya,” ujar Camat Nanggung Mulyadi kepada Radar Bogor, kemarin (23/8).

Ia menuturkan, komoditi utama wilayah administratifnya didominasi persawahan. Sedangkan untuk komoditas terbesar kedua adalah perkebunan jagung yang mencapai 27 hektare. Mulyadi berharap, petani tidak termakan oleh bujuk rayu para biong tanah untuk menjual lahan pertanian.

”Saya sudah imbau kepada para pengurus gabungan kelompok tani (gapoktan) agar terus mempertahankan lahan pertanian mereka. Jangan sampai lahan produktif dibiarkan menganggur,” tukasnya.(all/c)